Jakarta– Keluarga Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KM FAI UMY) pada hari Jumat (17/02) telah melaksanakan Study Comparative dengan tujuan Keluarga Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (KM FAI UMJ). Kegiatan ini diikuti oleh pengurus 5 Lembaga Mahasiswa Fakultas Agama Islam diantaranya Senat Mahasiswa FAI, Badan Eksekutif Mahasiswa FAI (BEM FAI), Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (HMJ KPI), Himpunan Mahasiswa Ekonomi Perbankan Islam (HIMEPI), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (HIMAPAI).

Kegiatan Study Comparative ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan KM FAI UMY. Tema dalam kegiatan Study Comparative tahun ini adalah “Meningkatkan silaturahmi dan kualitas antar KM FAI UMY dan UMJ” dengan tujuan meningkatkan silaturahmi antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah serta meningkatkan kualitas dalam berorganisasi untuk mencapai organisasi yang ideal. “Diharapkan dengan Study Comparative ini, lembaga mahasiswa FAI UMY dapat mengambil ilmu dari lembaga mahasiswa FAI UMJ dan dapat diaplikasikan di FAI UMY” tutur Ridho selaku Ketua Panitia Study Comparative disela-sela kunjungan.

Gubernur BEM FAI UMY Faizul Insan menuturkan, dipilihnya Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai tempat tujuan tidak lepas dari sejarah Fakultas Agama Islam UMY yang dulu pernah menjadi bagian dari Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai kelas jauh/cabang di Yogyakarta. Pada tahun akademi 1963/1964, Akademi Tabligh Muhammadiyah ditingkatkan menjadi Fakultas Ilmu Agama jurusan Dakwah. Mulai saat itu FIAD menjadi kelas jauh/cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tiga tahun setelah Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta berdiri tepatnya tahun akademin 1984/1985 FIAD secara resmi bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan menjadi Fakultas Dakwah.

Rombongan KM FAI UMY tiba di Universitas Muhammadiyah Jakarta pada pukul 08.30 WIB. Selepas rombongan beristirahat di Masjid Kampus, acara dilanjutkan dengan pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FAI UMJ Nurhadi,MA. Acara pembukaan dibuka dengan sambutan Ketua Panitia FAI UMJ dilanjutkan Ketua Umum BEM FAI UMJ serta diikuti pidato dari Gubernur BEM FAI UMY dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FAI UMY Nurwanto, S.Ag., MA., M.Ed mewakili rombongan FAI UMY dan acara dibuka oleh Wakil Dekan Bid Kemahasiswaan FAI UMJ Nurhadi, MA. Dalam pidatonya, Nurhadi berpesan agar mahasiswa-mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah saling mempererat tali silaturahmi terlebih mahasiswa UMY dan UMJ yang dalam sejarah pernah menjadi satu bagian dalam sebuah lembaga.

Selapas acara pembukaan, peserta diarahkan untuk istirahat siang dan menjalankan sholat Jumat di Masjid Kampus UMJ. Acara dilanjutkan pada pukul 13.15 WIB dengan agenda sharing antar lembaga, berlangsung selama 2,5 jam para peserta dikelompokkan menurut lembaga masing-masing untuk bertukar pendapat dengan organisasi sepadan yang ada di FAI UMJ. Ketua Umum BEM FAI UMJ mengapresiasi acara study comparative ini dengan konsep yang berbeda dari konsep yang dimiliki FAI UMJ. Dalam sharing lembaga, Dimas juga menambahakn bahwasannya masa modern ini mahasiswa harus menjadi agen perubahan bangsa yang aktif.

Acara study comparative ditutup pada pukul 16.00 WIB dilanjutkan dengan acara Sholat Ashar berjamaah di Masjid Kampus. Selapas sholat berjamaah rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju penginapan untuk beristirahat dan melanjutkan acara study tour pada keesokan harinya (Sabtu 18/02) di Kebun Raya Cibodas Puncak Bogor.(hn)

-Divisi Jurnalistik dan Penerbitan BEM FAI UMY-