Sejarah – Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta / FAI UMY
Sebenarnya bisa dirunut dari tahun 1958. Pada 18 Nopember 1958 didirikan Akademi Tabligh Muhammadiyah yang merupakan hasil Musyawarah Tabligh Nasional di kota Solo. Akademi ini berada di bawah asuhan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Tabligh. Tujuan Akademi Tabligh ialah “mencetak mubaligh dalam rangka menunjang tujuan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam, amar ma’ruf nahi munkar”. Pada saat itu kader-kader mubaligh yang militan memang sangat dibutuhkan di seluruh tanah air. Penyelenggaraan Akademi Tabligh berlangsung hingga tahun 1963.
Pada tahun akademi 1963/1964, Akademi Tabligh Muhammadiyah ditingkatkan menjadi Fakultas Ilmu Agama Jurusan Dakwah (FIAD) Muhammadiyah dan memusatkan kegiatan-kegiatan akademiknya di Sekolah Dasar Pawiyatan (SD Muhammadiyah) yang terletak di sebelah selatan Masjid Besar Kauman Yogyakarta. FIAD Muhammadiyah merupakan kelas jauh atau cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tiga tahun setelah UMY berdiri, pada tahun akademi 1984/1985, FIAD secara resmi bergabung dengan UMY dengan nama Fakultas Dakwah, dan merupakan satu-satunya fakultas keagamaan di lingkungan UMY saat itu. Pusat kegiatan perkuliahannya di komplek UMY, Jl. HOS Cokroaminoto 17 Yogyakarta.
Pada tahun akademi 1987/1988, fakultas keagamaan tersebut dikembangkan menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Dakwah dan Fakultas Tarbiyah. Nama Fakultas Dakwah dan Fakultas Tarbiyah dipilih karena usulan dari Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah III DIY berdasarkan ketentuan Dirjen Binbaga Departeman Agama RI berkaitan dengan keharusan penyesuaian nama fakultas pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta dengan IAIN setempat.
Pada perkembangan selanjutnya, Menteri Agama Rl melalui Surat Keputusannya Nomor 72 Tahun 1995 tertanggal 8 Februari 1995 menetapkan Fakultas Dakwah dan Fakultas Tarbiyah diubah dan digabung menjadi satu fakultas yakni Fakultas Agama Islam (FAI).
Pada tahun akademi 1998/1999 FAI UMY membuka jurusan baru, yakni Jurusan Muamalat (Syari’ah) dengan konsentrasi Ekonomi dan Perbankan Islam.
Kepemimimpinan FAI dari Waktu ke Waktu
Bila sejarah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dihitung sejak berdirinya Akademi Tabligh pada tahun 1958, maka dapat dilihat peran tokoh-tokoh penting dalam kepemimpinan fakultas ini di masa-masa silam. Kepemimpinan Akademi Tabligh sampai perkembangannya menjadi Fakultas Ilmu Agama Jurusan Dakwah (FIAD) pada tahun akademi 1963-1964, dan selanjutnya menjadi Fakultas Agama Islam, adalah sebagai berikut:
Periode Tahun 1958 – 1960
Dekan | Prof. K.H.A. Kahar Muzakir |
Wakil Dekan | Drs. Soenoto |
Periode Tahun 1960 – 1968
Dekan | K.H.A. Badawi (Ketua Umum PP Muhammadiyah) |
Wakil Dekan | Drs. Soenoto |
Periode Tahun 1968 – 1979
Dekan | K.H. Ahmad Azhar Basyir, M.A. |
Wakil Dekan | Drs. Fathuddin A. Ganie |
Drs. H. Darwin Harsono | |
Drs. Musytari Siraj |
Periode Tahun 1979 – 1982
Dekan | Drs. Fathuddin A. Ganie |
Wakil Dekan | Drs. H. Muhammad Muqaddas, LcDrs. H.M. Sukriyanto ARDrs. Musytari Siraj |
Periode Tahun 1982 – 1985
Dekan | Drs. H. Abuseri Dimyati |
Wakil Dekan | Drs. H. Muhammad Muqaddas, LcDrs. H.M. Sukriyanto ARDrs. Musytari Siraj |
Di ujung periode ini, saat usia UMY mencapai 3 tahun, FIAD bergabung ke dalam UMY dan menjadi Fakultas Dakwah.
Periode Tahun 1985 – 1987
Dekan | Drs. Musytari Siraj |
Wakil Dekan | Dra. Noor RochmahDra. Siti NurjannahEly Suhaely BA |
Sekretaris | Drs. H. Muhammad Muqaddas, Lc |
Periode Tahun 1987 -1989
Dekan | Drs. H.M. Sukriyanto, AR |
PD I | Dra. Noor Rochmah |
PD II | Drs. Dwi Santosa, AB |
PD III | Drs. Muhsin Hariyanto |
Periode Tahun 1989 – 1991
Dekan | Drs. H.M. Sukriyanto, AR |
PD I | Dra. Noor Rochmah |
PD II | Drs. Dwi Santosa, AB |
PD III | Drs. Muhsin Hariyanto |
Periode Tahun 1991 – 1993
Dekan | Drs. H. Abuseri Dimyati (Dakwah) |
Drs. H. M. Asrori Ma’ruf (Tarbiyah) | |
PD I | Drs. Muhsin Hariyanto (Dakwah) |
Drs. Abd. Madjid (Tarbiyah) | |
PD II | Drs. Dwi Santosa, AB |
PD III | Drs. Yusuf A. Hasan |
Guna memenuhi tuntutan kebutuhan organisasi serta menyesuaikan diri dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku saat itu, maka dipandang perlu menunjuk pseorang pejabat dekan untuk Fakultas Tarbiyah yang mulai dibuka pada tahun akademi 1987/1988. Maka susunan kepemimpinan FAI tampak sebagai berikut:
Periode Tahun 1993 – 1996
Pada periode ini terjadi perkembangan penting yakni munculnya kebijakan Departemen Agama yang menggariskan keharusan penggabungan terhadap fakultas –fakultas agama yang berinduk pada perguruan tinggi umum menjadi sebuah fakultas yaitu Fakultas Agama Islam. Sebagai realisasinya Menteri Agama melalui SK Nomor 72 Tahun 1995 tertanggal 8 Februari 1995 menetapkan Fakultas Dakwah dan Fakultas Tarbiyah UMY diubah dan digabung menjadi Fakultas Agama Islam (FAI) dengan dua Jurusan yakni Jurusan Dakwah dan Jurusan Tarbiyah. Susunan kepemimpinan pada struktur baru ini adalah sebagai berikut:
Dekan | Drs. Abd. Madjid (1993-1995) |
Drs. Muhsin Hariyanto, M. Ag. (1995-1996) | |
PD I | Drs. Yusuf A. Hasan |
PD II | Dra. Siti Bahiroh |
PD III | Drs. Mahli Zainuddin Tago |
Kajur Dakwah | Drs. Nawari Ismail |
Kajur Tarbiyah | Dra. Akif Khilmiyah |
Ketua Lab. | Drs. Syamsudin HS |
Periode Tahun 1996 – 1999
Dekan | Drs. Muhsin Hariyanto, M. Ag. (1996-1998) |
PD I | Dra. Siti Bahiroh (1996-1998) |
Drs. Abd. Madjid, M. Ag. (1998-1999) | |
PD II | Drs. Marsudi (1996-1998) |
Drs. Syamsudin HS (1998-1999) | |
PD III | Drs. Mahli Zainuddin Tago |
Kajur Dakwah | Drs. Muh. Mas’udi (1996-1998) |
Dra. Siti Bahiroh (1998-1999) | |
Kajur Tarbiyah | Drs. Syamsudin HS (1996-1998) |
Moh. Samsudin, S. Ag. (1998-1999) | |
Ketua Lab. | Muh. Sayuti, S. Pd. |
Sekretaris Lab. | Muhyadi, S.Ag. |
Periode Tahun 1999 – 2003
Dekan | Drs. Abd. Madjid, M.Ag |
PD I | Drs. Yusuf A. Hasan, M. Ag |
PD II | Drs. Syamsudin HS (1999-2000) |
Drs. Marsudi (2000-2003) | |
PD III | Moh. Samsudin, S.Ag |
Kajur Dakwah | Drs. Nawari Ismail, M.Ag |
Kajur Tarbiyah | Drs. Arif Budi Raharja, M.Si |
Kajur Syari’ah | Syakir Jamaluddin, S.Ag |
Ketua Lab. | Muh. Sayuti S.Pd. (1999-2000) |
Asep P. Bakhtiar, S.Ag. (2000-2003) | |
Sekretaris Lab. | Muhyadi, S.Ag. |
Periode Tahun 2003-2007
Dekan | Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.A. |
PD I | Drs. Yusuf A. Hasan, M. Ag |
PD II | Drs. Marsudi Iman, M.Ag. |
PD III | Drs. Mahli Zainuddin Tago, M.Si. (2003-2006) Ghoffar Ismail, S.Ag., M.A. (2007-2008) |
Kaprodi KPI | Drs. M. Nurul Yamin, M.Si |
Kaprodi PAI | Dra. Akif Khilmiyah, M.Ag. |
Kaprodi Muamalat/EPI | Homaidi Hamid, S.Ag., M.Ag. |
Ketua Lab. | Asep P. Bakhtiar, S.Ag., M.Si. |
Periode Tahun 2007-2011
Dekan | Drs. H. Marsudi Iman, M.Ag. |
Wakil Dekan | Moh. Samsuddin, S.Ag. |
Kaprodi KPI | Dr. Nawari Ismail, M.Ag. |
Kaprodi PAI | Drs. Syamsudin HS., M.Pd. |
Kaprodi Muamalat/EPI | Homaidi Hamid, S.Ag., M.Ag. |
Sekretaris | Drs. Muhammad Mas’udi, M.Ag. |
Ketua Lab. | Drs. Arif Budi Raharjo, M.Si. |
Periode Tahun 2011
Dekan | Moh. Samsuddin, S.Ag., M.Pd. |
Wakil Dekan | Drs. Syamsudin HS., M.Pd. |
Kaprodi KPISekretaris | Dr. H. Nawari Ismail, M.Ag. |
Sekretaris | Fathurrahman, Lc., M.S.I. |
Kaprodi PAI | Nurwanto, S.Ag., MA., M.Ed. |
Sekretaris | Drs. Dwi Santosa AB, M.Pd. |
Kaprodi Muamalat/EPI | Drs. Muhammad Mas’udi, M.Ag. |
Sekretaris | Miftakhul Khasanah, S.TP., MSI. |
Ketua Lab. | Dr. Arif Budi Raharjo, M.Si. |
Periode Tahun 2011-2013
Dekan | Dr. H. Nawari Ismail. M.Ag. |
Wakil Dekan | Asep Purnama Bahtiar, S.Ag., M.Si. |
Kaprodi KPI | Fathurrahman, Lc., M.S.I. |
Kaprodi PAI | Nurwanto, S.Ag., M.A., M.Ed. |
Kaprodi Muamalat/EPI | Miftakhul Khasanah, S.TP., MSI. |
Sekretaris | M.Sobar. S.EI. |
Koord. Lab. KPI, PAI | Ghoffar Ismail, S.Ag., MA. |
Koord. Lab. EPI | Syarif As’ad, S.EI., MSI. |
Periode Tahun 2013-2017
Dekan | Dr. Mahli Zainuddin Tago, M.Si |
Wakil Dekan Bid. 1 | Miftakhul Khasanah, S.TP., MSI. |
Wakil Dekan Bid. 2 | Nurwanto, S.Ag., MA., M.Ed. |
Kaprodi KPI | Fathurrahman, Lc., M.S.I. |
Sekretaris/Koord. Lab KPI | Imam Suprabowo, S.Kom.I., M.Pd.I. |
Kaprodi PAI | Dr. Abd. Madjid, M.Ag. |
Sekretaris/Koord. Lab PAI | Naufal Ahmad Rijalul Alam, S.Pd., MA. |
Kaprodi Muamalat/EPI | Syarif As’ad, S.EI., MSI. |
Sekretaris/Koord. Lab EPI | Mukhlis Rahmanto, Lc., MA. |
Periode Tahun 2017-2021
Dekan | Dr. Akif Khilmiyah, M.Ag. |
Wakil Dekan Bid. 1 | Muhammas Syifa Amin Widigdo, S.Ag., Ph.D |
Wakil Dekan Bid. 2 | Muhammad Zakiy, S.E.I., M.Sc. |
Kaprodi. KPI | Twediana Budi Hapsari, M.Si., Ph.D. |
Sekretaris Prodi KPI | Rafidilla Vebryanda, S.I.Kom., M.I.Kom. |
Sekretaris Prodi KPI (IPICOM) | Kholifatul Fauziah, S.Sos.I., M.A. |
Korlab. Prodi. KPI | Cahyo Setiadi Ramadhan, S.Psi., M.Psi.Psikolog |
Karodi. PAI | Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum. |
Sekretaris Prodi PAI | Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Korlab. Prodi. PAI | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. |
Kaprodi. Ekonomi Syariah | Dr. Maesyaroh, MA. |
Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah | Satria Utama, S.EI., M.EI. |
Korlab. Prodi. Ekonomi Syariah | Aqidah Asri Suwarsi, S.E.I., M.E.I. |
Visi
Menjadi fakultas yang unggul dan mencerahkan di bidang Studi Islam berlandaskan semangat ijtihad dan profesionalisme bertaraf nasional dan internasional pada tahun 2020.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan alumni berkualitas nasional dan internasional.
- Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk pengembangan Studi Islam yang bermanfaat bagi masyarakat.
- Menyelenggarakan kegiatan pelayanan dan pengabdian masyarakat sebagai bentuk aplikasi ilmu pengetahuan dan membantu memecahkan persoalan masyarakat.
Tujuan
Tujuan FAI UMY adalah mewujudkan sarjana Studi Islam yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan program studi masing-masing secara profesional untuk pencerahan umat berstandar nasional dan internasional.
Tujuan umum itu dijabarkan ke dalam tujuan khusus yaitu mewujudkan fakultas yang unggul dan mencerahkan melalui (1) pengembangan sistem pembelajaran berstandar nasional dan internasional, (2) pengembangan sistem penelitian dan publikasi bertaraf nasional dan internasional internasional, dan (3) pengembangan sistem pemberdayaan masyarakat bertaraf nasional dan internasional.
Tujuan Umum
Menghasilkan sarjana bidang komunikasi Islam, pendidikan Islam serta ekonomi Syariah yang berkepribadian Islami, profesional, cakap, percaya pada diri sendiri, dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur, yang diridhai Allah SWT.
Tujuan Khusus
Membentuk kader-kader Muhammadiyah yang diharapkan secara profesional mampu menangani permasalahan komunikasi Islam, pendidikan Islam, serta ekonomi Syariah dalam pengertian luas, dalam rangka mewujudkan tujuan Muhammadiyah.
KURIKULUM FAI UMY
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
KONSENTERASI KOMUNIKASIDAN KONSELING ISLAM A. Komposisi KompetensiKompetensi | Jumlah SKS | Prosentase |
Kompetensi Utama | 104 SKS | 72.2 % |
Kompetensi Pendukung | 40 SKS | 27.8 % |
Jumlah | 144 SKS | 100 % |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. | Ulumul Qur’an | 3 |
2. | Ulumul Hadits | 3 |
3. | Tafsir Tematik | 3 |
4. | Hadits Tematik | 3 |
5. | Aqidah-Akhlak | 3 |
6. | Fiqh-1 (Ibadah) | 2 |
7. | Fiqh-2 (Mu’amalat/Keluarga & Faraidl) | 2 |
8. | Ushul Fiqh | 3 |
9. | Kemuhammadiyahan –I | 2 |
10. | Kemuhammadiyahan –II (Ideologi-Ideologi Berpengaruh di Dunia & Pemikiran Islam Kontemporer) | 3 |
11. | Ilmu Dakwah | 2 |
12. | Filsafat Dakwah | 2 |
13 | Sejarah Dakwah I | 2 |
14. | Sejarah Dakwah II | 2 |
15. | Manajemen Dakwah | 2 |
16. | Penyusunan Peta Dakwah | 3 |
17 | Dakwah dan Budaya Lokal | 2 |
18. | Patologi Sosia | 2 |
19. | Analisis Kasus Dakwah | 2 |
20. | Pengantar Ilmu Komunikasi | 2 |
21. | Komunikasi Massa | 2 |
22. | Psikologi Komunikasi Dakwah | 2 |
23. | Khithabah/Retorika Dakwah | 2 |
24. | Media Komunikasi Dakwah | 2 |
25. | Manajemen Radio dan Media Cetak | 2 |
26. | Jurnalistik | 2 |
27. | Produksi Program Radio & Televisi | 3 |
28. | Kepenyiaran | 2 |
29. | Desain & Penulisan Naskah Dakwah | 3 |
30. | Elektronikal Dakwah | 2 |
31. | Teknik Reportase & Formatologi | 3 |
32. | Pengantar Psikologi | 2 |
33. | Psikologi Islam | 2 |
33. | Psikologi Perkembangan | 2 |
35. | Psikologi Klinis | 2 |
36. | Teori Bimbingan & Konseling Islam | 3 |
37. | Psikoterapi Islam | 3 |
38. | Bimbingan Rohani Pasien | 2 |
39. | Manajemen dan Model-Model Pelatihan Spiritual | 3 |
40 | Praktek Profesi Konseling I (Micro) | 3 |
41 | PPL/Praktek Profesi Konseling II (Macro) | 3 |
42 | Seminar Proposal | 2 |
43 | Skripsi | 4 |
Jumlah | 104 |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. | Al-Firaq al-Islamiyah (Aliran Teologi Islam Klasik & Kontemporer) | 2 |
2. | Kristologi | 2 |
3. | Sosiologi dakwah | 2 |
4. | Bahasa Indonesia | 2 |
5. | Bahasa Arab I | 4 |
6. | Bahasa Arab II | 4 |
7. | Bahasa Inggris I | 4 |
8. | Bahasa Inggris II | 4 |
9. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganeragaan (PPKN) | 2 |
10. | Kepemimpinan dalam Islam (Spiritual Leadership) | 2 |
11. | Metodologi Penelitian I (Komunikasi Dakwah) | 3 |
12. | Metodologi Penelitian II (Konseling) | 3 |
13. | Statistik | 3 |
14. | KKN | 3 |
Jumlah | 40 |
A. Distribusi Mata Kuliah Berdasarkan Elemen Kompetensi
1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | Aqidah-Akhlak | 3 | Utama |
2. | Sejarah Dakwah 1 | 2 | Utama |
3. | Sejarah Dakwah 2 | 2 | Utama |
4. | Tafsir Tematik | 3 | Utama |
5. | Hadits Tematik | 3 | Utama |
6. | Fiqh-1 (Ibadah) | 2 | Utama |
7. | Fiqh-2 (Mu’amalat/Keluarga & Faraidl) | 2 | Utama |
8. | Kemuhammadiyahan -1 | 2 | Utama |
9. | Kemuhammadiyahan -2 (Ideologi-Ideologi Berpengaruh di Dunia & Pemikiran Islam Kontemporer) | 3 | Utama |
10. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganeragaan (PPKN) | 2 | Pendukung |
11. | Kepemimpinan dalam Islam (Spiritual Leadership) | 2 | Pendukung |
12. | Bahasa Indonesia | 2 | Pendukung |
Jumlah | 28 |
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | Ulumul Qur’an | 3 | Utama |
2. | Ulumul Hadits | 3 | Utama |
3. | Ushul Fiqh | 3 | Utama |
4. | Al-Firaq al-Islamiyah (Aliran Teologi Islam Klasik & Kontemporer) | 2 | Pendukung |
5. | Ilmu Dakwah | 2 | Utama |
6. | Filsafat Dakwah | 2 | Utama |
7. | Dakwah dan Budaya Lokal | 2 | Utama |
8 | Patologi | 2 | Utama |
9. | Kristologi | 2 | Pendukung |
10. | Sosiologi dakwah | 2 | Pendukung |
11. | Pengantar Ilmu Komunikasi | 2 | Utama |
12. | Komunikasi Massa | 2 | Utama |
13. | Psikologi Komunikasi Dakwah | 2 | Utama |
14. | Pengantar Psikologi | 2 | Utama |
15. | Psikologi Islam | 2 | Utama |
16. | Psikologi Perkembangan | 2 | Utama |
17. | Psikologi Klinis | 2 | |
Jumlah | 37 |
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | Manajemen Dakwah | 2 | Utama |
2. | Penyusunan Peta Dakwah | 3 | Utama |
3. | Analisis Kasus Dakwah | 2 | Utama |
4. | Khithabah/Retorika Dakwah | 2 | Utama |
5. | Media Komunikasi Dakwah | 2 | Utama |
6. | Manajemen Radio dan Media Cetak | 2 | Utama |
7. | Jurnalistik | 2 | Utama |
8. | Produksi Program Radio & Televisi | 3 | Utama |
9. | Kepenyiaran | 2 | Utama |
10. | Desain & Penulisan Naskah Dakwah | 3 | Utama |
11. | Elektronikal Dakwah | 2 | Utama |
12. | Teknik Reportase & Formatologi | 3 | Utama |
13. | Teori Bimbingan & Konseling Islam | 3 | Utama |
14. | Psikoterapi Islam | 3 | Utama |
15. | Bimbingan Rohani Pasien | 2 | Utama |
16. | Manajemen dan Model-Model Pelatihan Spiritual | 3 | Utama |
17. | Praktek Profesi Konseling-1 (Micro) | 3 | Utama |
18. | Bahasa Arab I | 4 | Pendukung |
19. | Bahasa Arab II | 4 | Pendukung |
20. | Bahasa Inggris I | 4 | Pendukung |
21. | Bahasa Inggris II | 4 | Pendukung |
22. | Metodologi Penelitian- I (Konseling) | 3 | Pendukung |
23. | Metodologi Penelitian- II (Komunikasi Dakwah) | 3 | Pendukung |
24. | Statistik | 3 | Pendukung |
25. | Seminar Proposal | 2 | Utama |
26. | Skripsi | 4 | Utama |
Jumlah | 73 |
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | PPL/Praktek Profesi Konseling-2 (Macro) | 3 | Utama |
Jumlah | 3 |
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | KKN | 3 | Pendukung |
Jumlah | 3 |
B. Distribusi Mata Kuliah Per Semester
SEMESTER INo. | Mata Kuliah | SKS | Komponen | Kompetensi |
1. | Akidah Akhlaq | 3 | MPK | Utama |
2. | Kemuhammadiyahan I | 2 | MPK | Utama |
3. | Bahasa Arab I | 4 | MKB | Pendukung |
4. | Bahasa Inggris I | 4 | MKB | Pendukung |
5. | Ilmu Dakwah | 2 | MKK | Utama |
6. | Pengantar Ilmu Komunikasi | 2 | MKK | Utama |
7. | Psikologi Komunikasi Dakwah | 2 | MKK | Utama |
Jumlah | 19 |
No. | Mata Kuliah | SKS | Komponen | Kompetensi |
1. | Ulumul Qur’an | 3 | MKK | Utama |
2. | Ulumul Hadits | 3 | MKK | Utama |
3. | Bahasa Arab II | 4 | MKB | Pendukung |
4. | Bahasa Inggris II | 4 | MKB | Pendukung |
5. | Bahasa Indonesia | 2 | MPK | Pendukung |
6. | Sejarah Dakwah I | 2 | MPK | Utama |
7. | Media Komunikasi Dakwah | 2 | MKB | Utama |
8. | Jurnalistik | 2 | MKB | Utama |
Jumlah | 23 |
No. | Mata Kuliah | SKS | Komponen | Kompetensi |
1. | PPKN | 2 | MPK | Pendukung |
2. | Ushul Fiqh | 3 | MKK | Utama |
3. | Tafsir Tematik | 3 | MPK | Utama |
4. | Kemuhammadiyahan II | 3 | MPK | Utama |
5. | Metodologi Penelitian I (Komunikasi Dakwah) | 3 | MKB | Pendukung |
6. | Sejarah Dakwah II | 2 | MPK | Utama |
7. | Komunikasi Massa | 2 | MKB | Utama |
8. | Sosiologi Dakwah | 2 | MKK | Pendukung |
9. | Patologi Sosial | 2 | MKK | Utama |
Jumlah | 22 |
SEMESTER IV
No. | Mata Kuliah | SKS | Komponen | Kompetensi |
1. | Fikih I (Ibadah) | 2 | MPK | Utama |
2. | Statistik | 3 | MKB | Pendukung |
3. | Metodologi Penelitian II (Konseling) | 3 | MKB | Pendukung |
4. | Manajemen Dakwah | 2 | MKB | Utama |
5. | Hadits Tematik | 3 | MPK | Utama |
6. | Desain & Penulisan Naskah Dakwah | 3 | MKB | Utama |
7. | Dakwah dan Budaya Lokal | 2 | MKK | Utama |
8. | Pengantar Psikologi | 2 | MKK | Utama |
9. | Psikologi Islam | 2 | MKB | Utama |
Jumlah |
No. | Mata Kuliah | SKS | Komponen | Kompetensi |
1. | Fiqh-2 (Mu’amalat/Keluarga & Faraidl) | 2 | MPK | Utama |
2. | Filsafat Dakwah | 2 | MKK | Utama |
3. | Analisis Kasus Dakwah | 2 | MKB | Utama |
4. | Elektronikal Dakwah | 2 | MKB | Utama |
5. | Penyusunan Peta Dakwah | 3 | MKB | Utama |
6. | Kepenyiaran/Grafika dan Publisitas | 2 | MKB | Utama |
7. | Teknik Reportase & Formatologi | 3 | MKB | Utama |
8. | Psikologi Perkembangan | 2 | MKK | Utama |
9. | Psikologi Klinis | 2 | MKK | Utama |
10. | Khithabah/Retorika Dakwah | 2 | MKB | Utama |
Jumlah | 21 |
No. | Mata Kuliah | SKS | Komponen | Kompetensi |
1. | Al-Firaq al-Islamiyah (Aliran Teologi Islam Klasik & Kontemporer) | 2 | MKK | Pendukung |
2. | Kristologi | 2 | MKK | Pendukung |
3. | Kepemimpinan dalam Islam (Spiritual Leadership) | 2 | MPK | Pendukung |
4. | Manajemen Radio dan Media Cetak | 2 | MKB | Utama |
5. | Produksi Program Radio & Televisi | 3 | MKB | Utama |
6. | Seminar Proposal | 2 | MKB | Utama |
7. | Teori Bimbingan & Konseling Islam | 3 | MKB | Utama |
8. | Psikoterapi Islam | 3 | MKK | Utama |
9. | Bimbingan Rohani Pasien | 2 | MKB | Utama |
Jumlah | 21 |
No. | Mata Kuliah | SKS | Komponen | Kompetensi |
1. | Manajemen dan Model-Model Pelatihan Spiritual | 3 | MKB | Utama |
2. | Praktek Profesi Konseling I (Micro) | 3 | MKB | Utama |
3. | PPL/Praktek Profesi Konseling II (Macro) | 3 | MPB | Utama |
4. | Skripsi | 4 | MKB | Utama |
5. | KKN | 3 | MBB | Utama |
Jumlah | 16 |
Kompetensi | Jumlah SKS | Prosentase |
Utama | 78 SKS | 54,1 % |
Pendukung | 58 SKS | 40,3 % |
Lainnya | 8 SKS | 5,6 % |
Jumlah | 144 SKS | 100 % |
B. Distribusi Mata Kuliah Berdasarkan Kelompok Kompetensi
- Kompetensi Utama
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. | Pengantar Ilmu Pendidikan | 3 |
2. | Ilmu Pendidikan Islam | 3 |
3. | Pengantar Psikologi | 2 |
4. | Psikologi Pendidikan | 3 |
5. | Psikologi Perkembangan Peserta Didik | 2 |
6. | Sosiologi Pendidikan Islam | 2 |
7. | Filsafat Pendidikan | 2 |
8. | Sejarah Pemikiran Pendidikan Islam (SPPI) | 2 |
9. | Manajemen Pendidikan | 3 |
10. | Analisis Materi Tafsir/Hadits | 3 |
11. | Analisis Materi Fiqh Ibadah | 3 |
12. | Analisis Materi Tarikh | 3 |
13. | Analisis Materi Aqidah/Akhlak | 3 |
14. | Media Pembelajaran Berbasis IT-1 (Teori) | 2 |
15. | Media Pembelajaran Berbasis IT-2 (Praktek) | 1 |
16. | Aplikasi Komputer Pendidikan | 1 |
17. | Analisis dan Pengembangan Kurikulum PAI | 3 |
18. | Statistik I | 2 |
19. | Statistik II | 2 |
20. | Metodologi Penelitian (1) | 3 |
21. | Metodologi Penelitian Pendidikan/PTK | 2 |
22. | Perencanaan Sistem PAI | 3 |
23. | Pengembangan Kepribadian | 2 |
24. | Strategi Pembelajaran PAI | 3 |
25. | Evaluasi Mutu Hasil Belajar | 3 |
26. | Komunikasi Pendidikan | 2 |
27. | Sistem Informatika Pendidikan | 2 |
28. | PPL I (Micro Teaching) | 2 |
29. | PPL II (Praktek Mengajar) | 2 |
30. | Seminar (Proposal) Skripsi | 1 |
31. | Mata Kuliah Pilihan | 3 |
32 | Skripsi | 6 |
Jumlah |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. | Aqidah Akhlak | 3 |
2. | Kemuhammadiyahan | 2 |
3. | Bahasa Arab I | 4 |
4. | Bahasa Arab II | 4 |
5. | Bahasa Inggris I | 4 |
6. | Bahasa Inggris II | 4 |
7. | Ulumul Quran | 3 |
8. | Ulumul Hadis | 3 |
9. | Bahasa Indonesia | 2 |
10. | Ushul Fiqh | 3 |
11. | Tafsir/Hadis | 4 |
12. | 3 | |
13. | Fiqh | 3 |
14. | Pemikiran Islam Kontemporer | 2 |
15. | Sains dalam Perspektif Al-Quran | 2 |
16. | Leadership | 2 |
17. | Bimbingan Penyuluhan Agama | 2 |
18. | English for Islamic Teachers | 2 |
19. | Arabic for Islamic Teachers | 2 |
20. | Apresiasi Seni dan Budaya Islami | 2 |
21. | Desain Pelatihan | 2 |
Jumlah | 61 |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 3 |
2. | Pendidikan Kewirausahaan | 2 |
3. | KKN | 3 |
Jumlah | 8 |
Komponen Kompetensi | SKS | Prosentase |
MPK: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian | 13 | 13 % |
MKK: Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan | 21 | 24 % |
MKB: Mata Kuliah Keahlian Berkarya | 41 | 26 % |
MKPB: Mata Kuliah Perilaku Berkarya | 60 | 34 % |
MKBB: Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat | 9 | 3 % |
Jumlah | 144 | 100 % |
- MPK : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | Kemuhammadiyahan | 2 | Pendukung |
2. | Sains dalam Perspektif Al-Qur’an | 2 | Pendukung |
3. | Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan | 2 | Lainnya |
4. | Pengantar Filsafat | 3 | Pendukung |
5. | Leadership | 2 | Pendukung |
6. | Apresiasi Seni dan Budaya Islam | 2 | Pendukung |
Jumlah | 13 |
- MKK : Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | Aqidah/Akhlaq | 3 | Pendukung |
2. | Ulumul Qur’an | 3 | Pendukung |
3. | Ulumul Hadits | 3 | Pendukung |
4. | Ushul Fiqh | 3 | Pendukung |
5. | Tafsir/Hadits | 4 | Pendukung |
6. | Fiqh | 3 | Pendukung |
7. | Pemikiran Islam Kontemporer | 2 | Pendukung |
Jumlah | 21 |
- MKB : Mata Kuliah Keahlian Berkarya
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | Bahasa Arab I | 4 | Pendukung |
2. | Bahasa Inggris I | 4 | Pendukung |
3. | Pengantar Ilmu Pendidikan | 3 | Utama |
4. | Bahasa Arab II | 4 | Pendukung |
5. | Bahasa Inggris II | 4 | Pendukung |
6. | Bahasa Indonesia | 2 | Pendukung |
7. | Sejarah Pemikiran Pendidikan Islam | 2 | Utama |
8. | Statistik I | 2 | Utama |
9. | Metodologi Penelitian | 3 | Utama |
10. | Statistik II | 2 | Utama |
11. | Penelitian Pendidikan/PTK | 2 | Utama |
12. | Filsafat Pendidikan | 2 | Utama |
13. | Pengembangan Kepribadian | 2 | Utama |
14 | Bimbingan Penyuluhan Agama | 2 | Pendukung |
15 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 | Utama |
Jumlah | 41 |
- MPB : Mata Kuliah Perilaku Berkarya
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | Pengantar Psikologi | 2 | Utama |
2. | Psikologi Pendidikan | 3 | Utama |
3. | Aplikasi Komputer Pendidikan | 1 | Utama |
4. | Manajemen Pendidikan | 3 | Utama |
5. | Psikologi Perkembangan Peserta Didik | 2 | Utama |
6. | Analisis Materi Tafsir/Hadits | 3 | Utama |
7. | Analisis Materi Aqidah/Akhlaq | 3 | Utama |
8. | Perencanaan Sistem PAI | 3 | Utama |
9. | Media Pembelajaran Berbasis IT I | 2 | Utama |
10. | Analisis Materi Fiqih Ibadah | 3 | Utama |
11. | Analisis Materi Tarikh/Kebudayaan Islam | 3 | Utama |
12. | Pengembangan dan Analisis Kurikulum PAI | 3 | Utama |
13. | Strategi Pembelajaran PAI | 3 | Utama |
14. | Evaluasi Mutu Hasil Belajar | 3 | Utama |
15. | English for Islamic Teacher | 2 | Pendukung |
16. | Arabic for Islamic Teacher | 2 | Pendukung |
17 | Komunikasi Pendidikan | 2 | Utama |
18 | Media Pembelajaran Berbasis IT II | 1 | Utama |
19 | Sistem Informatika Pendidikan | 2 | Utama |
20 | PPL I (Micro Teaching) | 2 | Utama |
21 | Seminar (Proposal) Skripsi | 1 | Utama |
22. | Skripsi | 6 | Utama |
23. | Praktek Mengajar | 2 | Utama |
24. | Mata Kuliah Pilihan * | 3 | Utama |
Jumlah | 60 |
- MBB : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat
No. | Mata Kuliah | SKS | Kelompok Kompetensi |
1. | Sosiologi Pendidikan Islam | 2 | Utama |
2. | Pendidikan Kewirausahaan | 2 | Lainnya |
3. | Desain Pelatihan | 2 | Pendukung |
4. | KKN | 3 | Lainnya |
Jumlah | 9 |
Semes-ter | Kode Mata-kuliah | Nama Mata Kuliah | sks | |
I | FAI 8110 | Aqidah/Akhlaq | 3 | |
FAI 8111 | Kemuhammadiyahan | 2 | ||
FAI 8112 | Bahasa Arab I | 4 | ||
FAI 8113 | Bahasa Inggris I | 4 | ||
PAI 8114 | Pengantar Psikologi | 2 | ||
PAI 8115 | Pengantar Ilmu Pendidikan | 3 | ||
PAI 8116 | Sains dalam Perspektif Al-Qur’an | 2 | ||
20 sks | ||||
II | FAI 8120 | Ulumul Qur’an | 3 | |
FAI 8121 | Ulumul Hadits | 3 | ||
FAI 8122 | Bahasa Arab II | 4 | ||
FAI 8124 | Bahasa Inggris II | 4 | ||
FAI 8124 | Bahasa Indonesia | 2 | ||
PAI 8125 | Psikologi Pendidikan | 2 | ||
PAI 8126 | Sejarah Pemikiran Pendidikan Islam | 2 | ||
PAI 8127 | Aplikasi Komputer Pendidikan | 1 | ||
21 sks | ||||
III | FAI 8210 | Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan | 2 | |
FAI 8211 | Ushul Fiqh | 3 | ||
PAI 8212 | Tafsir/Hadits | 4 | ||
PAI 8213 | Pengantar Filsafat | 3 | ||
PAI 8214 | Statistik I | 2 | ||
PAI 8215 | Metodologi Penelitian | 3 | ||
PAI 8216 | Manajemen Pendidikan | 3 | ||
PAI 8217 | Psikologi Perkembangan Peserta Didik | 2 | ||
PAI 8218 | Sosiologi Pendidikan Islam | 2 | ||
24 sks | ||||
IV | FDT 8220 | Fiqh | 3 | |
FAI 8221 | Analisis Materi Tafsir/Hadits | 3 | ||
FAI 8222 | Analisis Materi Aqidah/Akhlaq | 3 | ||
PAI 8223 | Statistik II | 2 | ||
PAI 8224 | Penelitian Pendidikan/PTK | 2 | ||
PAI 8225 | Perencanaan Sistem PAI | 3 | ||
PAI 8226 | Media Pembelajaran Berbasis IT I | 2 | ||
PAI 8227 | Filsafat Pendidikan | 2 | ||
PAI 8228 | Pengembangan Kepribadian | 2 | ||
22 sks | ||||
V | PAI 8310 | Analisis Materi Fiqih Ibadah | 3 | |
PAI 8311 | Analisis Materi Tarikh/Kebudayaan Islam | 3 | ||
PAI 8312 | Pengembangan dan Analisis Kurikulum PAI | 3 | ||
PAI 8313 | Strategi Pembelajaran PAI | 3 | ||
PAI 8314 | Evaluasi Mutu Hasil Belajar | 3 | ||
PAI 8315 | English for Islamic Teacher | 2 | ||
PAI 8316 | Arabic for Islamic Teacher | 2 | ||
PAI 8317 | Komunikasi Pendidikan | 2 | ||
PAI 8318 | Media Pembelajaran Berbasis IT II | 1 | ||
22 sks | ||||
VI | PAI 8320 | Pemikiran Islam Kontemporer | 2 | |
PAI 8321 | Pendidikan Kewirausahaan | 2 | ||
PAI 8322 | Leadership | 2 | ||
PAI 8323 | Bimbingan Penyuluhan Agama | 2 | ||
PAI 8324 | Apresiasi Seni dan Budaya Islam | 2 | ||
PAI 8325 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 | ||
PAI 8326 | Sistem Informatika Pendidikan | 2 | ||
PAI 8327 | Micro Teaching | 2 | ||
PAI 8328 | Desain Pelatihan | 2 | ||
PAI 8329 | Seminar Skripsi | 1 | ||
20 sks | ||||
VII | FAI 8410 | KKN | 3 | |
FAI 8411 | Skripsi | 6 | ||
PAI 8412 | Praktek Mengajar | 2 | ||
PAI 8413 | Mata Kuliah Pilihan I* | 3 | ||
PAI 8414 | Mata Kuliah Pilihan II* | |||
PAI 8415 | Mata Kuliah Pilihan III* | |||
PAI 8416 | Mata Kuliah Pilihan IV* | |||
14 sks |

Perpustakaan
Perpustakaan memiliki koleksi buku, jurnal akademis, dan dokumen penelitian yang ekstensif yang dapat mendukung mahasiswa untuk melakukan penelitian mutakhir dengan referensi yang komprehensif.

Laboratorium komputer
Merupakan pusat fasilitas komputer mahasiswa untuk menunjang berbagai macam kegiatan mahasiswa

Laboratorium pendidikan agama islam
Salah satu program wajib di prodi pendidikan agama islam UMY adalah praktikum pendidikan agama islam

Area Parkir
Akses parkir dengan kartu mahasiswa dan karyawan di dua pintu gerbang dan area-area parkir yang tersebar di dekat gedung perkuliahan
Di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sarana bagi kenyamanan pemilik kendaraan untuk memarkirkan kendaraannya sangat diperhatikan sesuai dengan standar pengamanan yang ada, sehingga lahan yang memadai bagi kendaraan roda empat maupun roda dua terpisah meyesuaikan tata letak yang di desain termasuk peraturan berkendara dan sanksi bagi pengendara yang memparkirkendaraannya di sembarang tempat.
Selain memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan dalam memarkir kendaraan sebagaimana di atas, jarak dengan area gedung di desain sedemikian rupa agar tidak terlalu jauh serta luas lahan parkir nan rindang tentu menjadi kenyamanan tersendiri.

Masjid K.H.A Dahlan
Masjid K.H.A Dahlan
Terletak di pusat gedung terpadu UMY untuk memudahkan akses ibadah , masjid juga berfungsi sebagai public space tempat belajar, diskusi dan rapat kegiatan mahasiswa
Adalah mutlak bagi perguruan tinggi Islam memiliki sarana yang memadai bagi para masyarakatnya untuk melakukan rutinitas ibadah sebaik mungkin, hal inilah yang digagas UMY dengan mendirikan Masjid KH. Ahmad Dahlan di atas lahan seluas 5400 m2 sebagai pusat kegiatan dan akitivitas keislaman, guna mendukung peningkatan mentalitas dan kepribadian sivitas akademika UMY manuju kehidupan insan madani. Masjid KH. Ahmad Dahlan yang terdiri dari 3 lantai ini memiliki kapasitas tapungan jamaah lebih dari 15 ribu orang.

Fasilitas Olahraga
Untuk menunjang aktifitas olahraga, tersedia Lapangan Futsal, Tenis, Basket, Badminton dan Voli yang berada ada di lingkungan asri kampus terpadu UMY.
Lapangan olah raga terbuka merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh UMY guna melengkapi fasilitas fisik yang dapat mendukung berbagai kegiatan ekstra dan oleh raga bagi mahasiswa dan sivitas akademika. Lapangan yang terletak di unit utara kampus UMY ini juga manfaatkan oleh berbagai pihak, khususnya masyarakat sekitar UMY dalam menyelenggarakan acara bersekala besar, disamping itu lapangan yang digunakan sebagai arena pameran dan Bazar Mukatamar Muhammadiyah satu abad ini juga merupakan pusat latihan bersama Sekolah Sepak Bola Hisbul Wathan Kec. Kasihan Bantul.

Plaza dan Lapangan Bintang
Berbentuk bintang segi delapan dan menjadi landmark khas UMY. Lapangan bintang menjadi pusat kegiatan komunitas mahasiswa.
Penggambaran yang sangat artistik terhadap simbol bintang delapan, yang juga digunakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lambang tegaknya Islam serta memberi arti luas nilai dakwah Islamiyah yang diembannya. Cita-cita dakwah Islam yang disebarkan dari kampus UMY ini, baik Dosen, Mahasiswa maupun Alumninya mengarah pada delapan arah mata angin, sehingga lapangan bintang ini diharapkan mampu menginspirasi masyarakat kampus UMY untuk tetap menegakkan dan menumbuhkan nilai-nilai Islam di manapun mereka berada. Lapangan bintang ini digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan out door kampus seperti pameran, bazar, arena olah raga atau kegiatan masyarakat sekitar kampus seperti pelaksanaan sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha.

Ruang Kelas
Setiap kelas di kampus UMY dilengkapi pendingin ruangan dan tata letak kelas yang fleksibel menyesuaikan aktifitas pembelajaran seperti ceramah, diskusi kelompok dan presentasi. untuk penyampaian materi kuliah berbasis multimedia disediakan Layar LCD dan Sound System

Fasilitas Perbankan
Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan transaksi perbankan di kampus, FAI UMY menyediakan counter bank yang disediakan oleh Bank BRI, Bank Mandiri Syariah, Bank Bukopin, BPD Syariah, dan lainnya. Selain itu tersedia juga fasilitas ATM di sekitar kampus yang jaringannya terhubung dengan jaringan ATM Bersama.

Internet
Dalam menunjang proses pembelajaran, tersedia fasilitas Wifi yang dapat di akses di seluruh area kampus, email dan blog sebagai sarana komunikasi dan berbagi referensi.
Untuk meningkatkan akses data dan jurnal-jurnal ilmiah serta akses informasi lainnya bagi sivitas akademika FAI UMY, telah disediakan fasilitas koneksi internet hot spot maupun fasilitas internet dengan kabel di semua ruang kelas dan tempat strategis lainnya di lingkungan kampus.

Public Space
di setiap Fakultas mempunyai Taman batu untuk berdiskusi dan berkumpul yang dilengkapi dengan layanan Wifi dan akses listrik.