Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (PAI FAI) UMY dalam proses menuju Internasionalisasi jurusan, menggelar Seminar Internasional dengan nama Internasional Joint Seminar yang bertemakan “Islamic Education and Harmonious Society in Southest Asia”. Department of Islamic Education the Faculty of Islamic Studies (DIEFIS) UMY yang menjadi branding prodi PAI FAI UMY bekerjasama dengan Academy of Islamic Studies University of Malaya (APIUM) menggelar Seminar Internasional ini, Rabu (06/04/2016). Bertempat di Gedung AR Fachruddin B Lantai 5, seminar ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa prodi PAI, alumni prodi PAI, Dosen FAI, kepala sekolah, beserta tamu undangan yang lain.

Sebagai pembicara dalam seminar ini yaitu Dr. Akif Khilmiyah, M.Ag (Dosen PAI UMY), Dr. Asmawati binti Muhamamd (University of Malaya) Malaysia, dan Assoc. Prof. Dr. Syed. Muhd. Khairuddin Aljunied  (National University of Singapore) Singapura. Seminar ini dibuka oleh Ketua Prodi PAI UMY Dr. Abd. Madjid, M.Ag.

Naufal Ahmad Rijalul Alam, MA sebagai ketua panitia menjelaskan, “Seminar Internasional ini sebagai awal pembuka program Internasionalisasi Prodi PAI, di Seminar Internasional ini ditandai dengan penandatanganan MOA. Salah satu point dari penandatanganan MOA tersebut adalah untuk peningkatan akademik di Prodi PAI, yaitu dengan mengirimkan mahasiswa/i untuk Transfer Kredit selama 6 bulan. InsyaAllah di bulan Mei/Juni akan ada perekrutan mahasiswa/i yang akan mengikuti Transfer Kredit tersebut, di bulan September InsyaAllah program ini bisa dimulai. Selain itu ada kemungkinan untuk mengadakan kolaborasi research antara Dosen APIUM dengan dosen PAI. Rencana ditahun depan Prodi PAI akan mengadakan Internasional Conference dan mengirimkan dosen untuk studi lanjut atau melakukan penelitian disana”.

”Alhamdulillah acara Seminar Internasional kemarin berjalan dengan lancar, semoga acara-acara ke depan akan berjalan dengan lancar juga, demi peningkatan kualitas Prodi PAI supaya semakin maju”, jelas Ketua Prodi PAI UMY Dr. Abd. Madjid, M.Ag.

 

 

Penulis : Wahyu Budi Nugroho (Lab. Micro Teaching PAI)