KULIAH PAKAR

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) FAI UMY mengadakan Kuliah Pakar pada Rabu (02/11/2016) di Gd. AR. Fachrudin B Lt. 5 kampus terpadu UMY dengan tema   “Peluang dan Tantangan Profesi Komunikasi dan Penyiaran Islam”.  Kuliah pakar ini adalah salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh para mahasiswa baru Prodi KPI yang bertujuan untuk menambah wawasan mereka, pengalaman, serta memunculkan motivasi, bagi mahasiswa baru supaya dapat melihat sejauh mana peluang karir mereka setelah lulus dari Prodi KPI FAI UMY.

Imam Suprabowo, M.Pd.I selaku Sekretaris Prodi KPI FAI UMY menjelaskan, pada Kuliah Pakar ini Prodi KPI FAI UMY mendatangkan narasumber yang memang benar-benar expert di bidangnya masing-masing, yaitu Nurudin, S. Sos., M.Si. (Kaprodi Ilmu Komunikasi UMM) dan Mohammad Zamroni, S.Sos., M.Si. (Ketua Asosiasi Penyiaran Islam Seluruh Indonesia). Bagi para mahasiswa baru yang nantinya ingin fokus dalam bidang jurnalistik kami datangkan Pak Nurudin, yang merupakan seorang penulis dan sudah menerbitkan 15 buku, sehingga bagi mahasiswa yang masih takut-takut untuk menulis, langsung bisa belajar dengan pakarnya lalu dilanjutkan dengan praktik latihan langsung menulis.

Begitu juga dengan para mahasiswa yang nantinya ketika lulus mereka akan berkarir dimanapun itu, kami datangkan  Ketua Asosiasi Komunikasi Penyiaran Islam Seluruh Indonesia (ASKOPIS) yaitu Pak Zamroni. Beliau menjelaskan bahwa alumni KPI itu luar biasa, dari berbagai profesi baik itu kehumasan, komunikasi dalam bidang politik, komunikasi Islam, dimanapun tempatnya selalu ada. Sehingga para mahasiswa tidak perlu takut ataupun khawatir lagi, dan mereka juga akan mempunyai kepercayaan diri bahwa mereka nanti akan menjadi sarjana KPI yang mempunyai skill dan siap bersaing di dunia kerja, tambahnya.

Nurudin, S. Sos., M.Si. berharap acara seperti ini harus diadakan setiap tahun untuk para mahasiswa baru, karena bisa membuka wawasan serta motivasi awal mereka supaya belajar giat dan mampu merencanakan masa depan ketika nanti mereka lulus dari Prodi KPI. Mohammad Zamroni, S.Sos., M.Si memberikan satu pesan bahwa peluang di dalam dunia kerja sekarang ini sangat banyak, tetapi banyak yang tidak bisa memanfaatkan kesempatan ini karena kurangnya skill yang dimiliki, artinya bagi mahasiswa yang mempunyai skill mereka akan mampu bersaing di dalam dunia kerja. Untuk itu kesempatan kuliah di Prodi KPI FAI UMY ini harus mereka maksimalkan dalam membentuk skill mereka supaya menjadi lulusan Prodi KPI yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja nantinya. (D, Wahyu)