Era digital dengan segala kemudahan dan kecanggihannya ‘menuntut’ setiap anggota masyarakat untuk dapat menggunakan produk teknologi secara tepat, efektif dan cerdas, tanpa terkecuali bagi para guru di lingkungan persyerikatan Muhammadiyah.

Sekolah Muhammadiyah sebagai amal usaha terdepan dan terbesar sudah seharusnya mampu memanfaatkan perkembangan teknologi era-digital ini tersebut demi meningkatkan kinerjanya dalam menghasilkan gengerasi terdidik dengan keunggulan dalam penguasaan IMTAq dan IPTEK. Salah satu produk teknologi yang akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja guru dalam membimbing dan memfasilitasi pembelajaran bagi peserta didiknya dapat terbantu dengan penggunaan fasilitas layanan internet.

Website adalah sebuah produk yang dapat dimanfaatkan untuk beragam tujuan, terutama sebagai medium penyampaian informasi yang dalam konteks pendidikan tidak lain sebagai sumber belajar. Pemanfaatannya dalam proses pembelajaran akan meningkatkan interaksi-komunikasi antara guru dengan siswa. Adapun Blog adalah jenis website yang dibuat secara perorangan ataupun kelompok, yang secara umum digunakan sebagai media untuk mengekpresikan aspirasi, kreasi disamping sebagai pesan komunikasi.

Pada sisi itulah blog dapat digunakan sebagai ruang kantor-maya  bagi guru untuk memberikan bimbingan (dan mungkin juga konseling) melalui komunikasi tanpa batas runga-waktu dengan para siswanya  disamping sebagai etalase untuk memajang bahan-bahan pembelajaran yang dapat diakses oleh para siswanya. Namun realitas di lapangan, masih banyak para guru belum mampu memanfaatkan ataupun membuat media ini (blog) sebagai sarana pendukung dalam proses pengajarannya.

Pada dasarnya, terdapat 2 hal yang sangat penting agar sebuah blog dapat dikatakan efektif dan baik, yaitu penyusunan blog itu sendiri dengan komponen (menu) yang tepat dan menarik, dan penyajian bahan ajar atau informasi yang komunikatif/efektif sebagai bahan pembelajaran.

Sebagai upaya kearah itu, sekaligus sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini Guru sebagai salah satu stake holders Fakultas Agama Islam, melalui Laboratorium Fakultas Agama Islam bekerjasama dengan Koperasi Dosen dan Karyawan FAI hendak menyelenggarakan sebuah workshop pembuatan Blog bagi guru di lingkungan Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Sabtu, 2 Juli 2011 bertempat di Pusat Komputer UMY. Kegiatan ini difasilitasi penuh oleh panitia dengan tidak dipungut biaya apapun (gratis), sehingga bagi guru SMA/MA/SMK Muhammadiyah di DIY yang berminat mengikuti dapat menghubungi Dika – 082137372362.