BEISelasa 28 /01 sebanyak 117 mahasiswa Prodi. Ekonomi dan Perbankan Islam (EPI) FAI UMY melakukan kunjungan kerja lapangan ke beberapa lembaga keuangan tingkat pusat di Jakarta yang didampingi oleh 3 Dosen pendamping. Lembaga keuangan yang dikunjungi dalam kegiatan KKL selama 2 hari ini adalah Museum Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI), Bank Syariah Mandiri (BSM), PT Asuransi Takaful, dan Lazis Muhammadiyah.

Di Museum BI mahasiswa diajak menelusuri sejarah uang masa awal penjajahan di Indonesia dan perkembangan uang masa kemerdekaan, proses berdirinya BI, kebijakan-kebijakan keuangan Negara masa awal kemerdekaan hingga sekarang. Sementara itu di lembaga kunjungan yang lain mahasiswa sangat antusias mengikuti sesuai bidang kerja masing-masing lembaga.

Kegiatan rutin setiap tahun ini diselenggarakan oleh Prodi. EPI dalam rangka memberikan pengalaman langsung terhadap mahasiswa kepada mekanisme kerja lembaga keuangan mulai dari tingkat pusat hingga ke cabang yang ada di daerah-daerah, serta sistem operasional lembaga dalam kebijakan pengambangan produk, sistem informasi, dan sistem rekrutmen. Dijelaskan oleh Direktur Bank Syariah mandiri Hanawijaya ketika memberikan sambutan pada mahasiswa EPI; bahwa yang perlu disiapkan oleh kita semua menjadi seorang praktisi ekonomi Islam adalah selain profesionalisme adalah Integritas sebagai seorang Muslim yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai rahmatal lil ‘Alamin, karena kita semua yang nanti akan menggantikan mereka-mereka yang saat ini sedang “Jihad” dalam ekonomi Islam di Indonesia.