BANTUL. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA – Piala KKI 2017 resmi dibuka. Pertandingan pertama dari cabang futsal mempertemukan tim KKI b 2014 dan KKI b 2016 memberikan kesan dan kemeriahan tersendiri bagi seluruh peserta yang mengikuti pertandingan. Walaupun ke dua tim notabenenya adalah kakak dan adik tingkat angkatan jurusan Komunikasi dan Konseling Islam (KKI) namun tak menyulutkan semangat berjuang dan bertanding di lapangan. Rabu (1/03)

 

Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Konseling Islam (HMJ KKI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammdiyah Yogyakarta (UMY), menyelenggarakan sebuah kompetisi dalam bidang olahraga yang bertajuk ‘Piala KKI.’ Terhitung sudah kali ke dua kompetisi olahraga ini diselenggarakan dalam kurun waktu dua tahun oleh program studi Komunikasi dan Konseling Islam yang menaungi program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan KKI selaku penggerak dan perancang agenda ataupun kegiatan kemahasiswaan seluruh mahasiswa KKI. “Di tengah-tengah padatnya perkuliahan, mahasiswa KKI bukan hanya dituntut sehat jiwa, tapi juga sehat jasmani,” tutur Bapak Dosen Imam Suprabowo selaku Sekretaris Prodi KKI dalam sambutannya membuka kegiatan Piala KKI.

Adapun Piala KKI ini terselenggara yakni berkat rancangan dari program kerja Divisi Kesenian dan Olahraga (Kesraga) Himpunan Mahasiswa Jurusan KKI (HMJ KKI). Di dalamnya terdapat dua cabang olahraga yang di perlombakan yaitu cabang futsal dan cabang bulu tangkis ganda putra dan putri, dan dilaksanakan selama satu hari. Acara dimulai dari jam 09.00 WIB dan selesai pada sekitar jam 15.00. Dibuka dengan satu tendangan pinalty dari Dosen Imam Suprabowo sebagai penanda bahwa acara Piala KKI resmi digelar. Dari cabang futsal bertempat di lapangan futsal UMY sedangkan dari cabang bulu tangkis bertempatkan di Gor Voly UMY. Tercatat ada 10 peserta futsal yang mengkitu perlombaan dari masing-masing angkatan kelas di antaranya kelas c dari angkatan 2013, kelas a, b, dan c dari angkatan 2014, kelas a dan b dari angkatan 2015 dan kelas a, b, c dan d dari angkatan 2016. Lalu dari cabang bulu tangkis ganda ada 8 peserta yaitu, kelas a, b dan c (putra dan putri) dari angkatan 2014, kelas a dan b dari angkatan 2015 (putra-putri) dan kelas a, b,  dan d dari angkatan 2016.

Final dari cabang futsal mempertemukan dua lawan tangguh dari dua angkatan kelas yang berbeda yakni kelas c 2014 dan kelas b 2016. Keseruan dan drama terjadi di dalam lapangan, setelah dua kali 10 menit bertanding ke dua tim sama-sama kuat terpaksa diadakan adu pinalty, dengan kegigihannya kelas c 2014 keluar sebagai pemenang di ajang Piala KKI dari cabang futsal.

Sedangkan dari cabang bulu tangkis ganda putra dan putri, di babak final ganda putra mempertemukan tim KKI b 2015 melawan KKI b 2016. Anggi dan Taufik sebagai pasangan ganda putra dari kelas KKI b 2015 keluar menjadi juara setelah mengalahkan pasangan Adit dan Azzam dari kelas KKI b 2016. Dan dari pasangan ganda putri, final mempertemukan pasangan Safira dan Ashifa  dari kelas KKI b 2015 sukses mengalahkan pasangan Alfira Zia dan Regita dari kelas KKI b 2016.

“Acara berlangsung dengan sukses, walaupun sedikit ada kendala. Alhamdulillah acara Piala KKI tahun ini mendapatkan kesan yang baik, hampir semua angkatan mau berpatisipasi dalam kegiatan. Dan harapannya semoga acara KKI seluruhnya dapat mempererat tali silaturahmi.” Ujar Maulana Sidik selaku ketua panitia Piala KKI.

Tujuan acara Piala KKI ini digelar bukan lain adalah  untuk mempererat ukhuwah persaudaraan serta tali silaturahmi sebagai sesama mahasiswa KKI khususnya. Di sela-sela kesibukan di bangku perkuliahan tidak menjadi halangan untuk mempersatukan seluruh angkatan, walau hanya sekedar bertatap muka atau bertukar senyum.

 

Hikmatulloh (Iik)