Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  (FAI-UMY) bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (HMJ KPI) telah menyelenggarakan Bridging untuk mahasiswa baru KPI 2017 pada hari Sabtu sampai Ahad, 4-5 November 2017 berlokasi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas serta mengenalkan mahasiswa baru KPI FAI UMY tentang misi keilmuan di Fakultas Agama Islam serta konsep ilmu dan pengembangan Prodi KPI, rekonstruksi kurikulum konsetrasi Komunikasi dan Konseling Islam.

Kegiatan hari pertama diselenggarakan pada Sabtu, 4 November 2017 pukul 07.30 WIB hingga 17.00 WIB di Gedung AR. B lantai 5 UMY. Berkonsep di dalam ruangan agar mahasiswa dapat lebih fokus dalam menerima materi. Untuk itulah, karena bersifat di dalam ruangan, maka penyampaian materinya pun dikemas semenarik mungkin dan dengan dihadirkan pakar-pakar yang mumpuni di bidangnya. Mulai dari Tes Psikologi yang dipandu oleh Novia Fetri Aliza, M.Psi, Psikolog.; Very Julianti, M/Psi., Psikolog dan Cahyo Setiadi R, M.Psi., Psikolog. Kemudian penyampaian materi terkait kiat menggali dan unjuk potensi diri serta kiat belajar efektif disampaikan oleh Drs. Dwiyono Iriyanto, MM. Lebih lanjut, materi yang terakhir adalah manajemen waktu kuliah dan organisasi juga disampaikan secara menarik oleh Imam Suprabowo, M.Pd.I. Penampilan dari ICC Musik pun semakin memeriahkan serangkaian acara tersebut.

Dengan me-lafadz-kan al-basmallah acara resmi dibuka oleh Amelia Pratiwi, SE., ME., CFP. selaku Wakil Dekan bidang Akademik FAI UMY. Dalam sambutannya Amelia mengungkapkan bahwa,” Kegiatan ini sangat penting adanya untuk diikuti dari awal hingga akhir acara. Selain kita lebih bisa mengenal FAI lebih dalam, dalam forum ini harapannya mahasiswa dapat lebih mengetahui dan memahami misi keilmuan di Fakultas Agama Islam. Informasi-informasi apa saja yang dapat diakses di FAI baik beasiswa maupun student mobility. Kemudian juga alur birokrasi di FAI itu sendiri”.

Kegiatan hari kedua diselenggarakan pada Ahad, 5 November 2017 pukul 06.00 WIB. Berbeda dengan hari sebelumnya, kegiatan kali ini berfokus pada kegiatan out-door di taman UMY. Kegiatan yang dipandu oleh TIM Outbound dari Akademi Angkatan Udara (AAU) ini diawali dengan olah raga hingga penyerahan hadiah bagi kelompok terbaik. Harapan dari kegiatan Outbound inilah mahasiswa dapat lebih mengenal satu sama lain, tak hanya antar mahasiswa saja, akan tetapi mahasiswa dengan dosen dan karyawan. Lebih lanjut kegiatan ini juga dapat melatih kepercayaan diri dan bagaimana cara kita mengatasi persoalan baik permasalahan individu maupun kelompok. (D)