HMJ Komunikasi & Penyiaran Islam

Senat MahasiswaBadan Eksekutif Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Jurusan KPI

Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI

Himpunan Mahasiswa Jurusan EPI

Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah

Corp Dakwah dan Seni (CDS)

Islamic Entrepreneur Community (IEC)

Arabic and English Community (AECOM)

 

Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMJ KPI)-Dari sudut pandang nama, setidaknya muncul kejelasan bahwa organisasi ini tidak lain sebagai wadah kegiatan khusus bagi mahasiswa KPI-FAI UMY dan dari uraian tersebut bisa dimengerti sisi tujuan dibentuknya HMJ KPI, yaitu untuk pembinaan kegiatan dikalangan mahasiswa Prodi KPI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan yang mendukung perkuliahan seperti seminar, workshop, studi banding. Selain itu ada juga kegiatan yang berupa peningkatan skill khusus mahasiswa KPI melalui wadah Laboratorium Dakwah KPI yang didalamnya sudah tersedia internet, radio studio, video shooting, camera untuk sumber utama kegiatan mahasiswa.

Kegiatan yang beragam tentu membutuhkan suatu wadah cabang, sehingga kegiatan tersebut terkelompokan pada wadah kegiatan yang sejenis. Dalam HMJ wadah cabang kegiatan itu disebut dengan divisi. Ada tiga divisi yang dibentuk HMJ yaitu divisi Penalaran & Keilmuan, divisi Pengembangan Dakwah dan divisi Broadcasting & Jurnalistik.

Sifat dari divisi sendiri adalah bisa dibentuk sewaktu-waktu dibutuhkan dan bisa jadi pada suatu ketika sudah tidak dibutuhkan maka divisi tersebut dapat ditiadakan.

HMJ KPI sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan tidak berbeda, dengan organisasi yang lain, diantaranya ada batasan periode kepengurusan. Pengurus yang lama akan diganti oleh pengurus yang baru melalui Surat Keputusan (SK) Fakultas setiap periodenya, sehingga terjadi kesinambungan pengelolaan organisasi sekaligus terjadi kaderisasi.

Untuk melihat keberhasilan sebuah kepengurusan setidaknya dapat dilihat dari dua indikasi pokok; Pertama, tingkat pelaksanaan program yang sudah direncanakan selama periode yang ada ( 1 tahun ). Kedua, kematangan dalam menyiapkan trader atau calon penganti.

Mahasiswa baru, bagi organisasi kampus seperti HMJ KPI merupakan tumpuan harapan sebagai generasi baru, yang kelak akan memegang dan memutar roda kegiatan kampus UMY tercinta ini.