Yogyakarta-Wisata kampus merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada siswa sekolah menengah maupun masyarakat umum. Fungsi kegiatan ini adalah Mengenalkan dan memahamkan lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya, menambah wawasan siswa dan masyarakat dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.

Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi peran Universitas yang dalam hal ini menjadi program unggulan UMY untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur sivitas akademika atau masyarakat yang ada di perguruan tinggi tersebut, yaitu fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait. Selasa (20/12) kemarin kegiatan wisata kampus ini dilakukan oleh MTs dan SMA Plus Al Hasan Banjar Sari Ciamis Jawa Barat dengan mengunjungi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Syarif As’ad sebagai PIC Promosi FAI UMY dalam kunjungan ini ditunjuk sebagai koordinator  penyambutan, selain memberikan motivasi dalam bentuk Acievement Motivation Training (AMT) kepada siswa juga memberikan gambaran perbedaan siswa dan mahasiswa, antara sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Ketua rombongan Mustofa yang menyertakan 124 siswa binaannya mengaku sangat terkesan dengan sambutan dan fasilitas yang diberikan kepada segenap rombongan dan menyatakan akan menindaklanjuti kegiatan positif ini pada tahun mendatang. Kegiatan ini kemudian ditutup dengan penyerahan cinderamata secara simbolik dari ketua rombongan kepada FAI UMY.