Tim Akreditasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) FAI UMY Setelah mempersiapkan agenda visitasi akreditasi pada hari Jumat (24/8) kemarin, mendapatkan pemunduran jadwal visitasi satu hari, yang kemudian diselenggarakan satu hari setelahnya (25/8). Permohonan pengunduran dari BAN-PT ini dikarenakan ada pengajuan pemunduran hari oleh Tim Asesor Prof. Dr. Syaiful Akhyar, MA dan Prof. Dr. Ismah Salman, M.Hum. yang baru tiba di Yogyakarta jumat sore.

Penyelenggaraan Akreditasi Prodi. KPI periode ini merupakan bagian dari upaya mempertahankan sekaligus peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran sebuah perguruan tinggi, karena itu dengan menunjukkan keseriusan Prodi. KPI FAI dalam memberikan layanan kepada stake holders merupakan suatu keharusan yang harus ditunjukkan dalam wujud nyata.

Sebagaimana pada akreditasi sebelumnya Prodi. KPI Dengan status akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Skreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdiknas RI No. : 014/BAN-PT/Ak-IX/S1/VIII/2005 tanggal 4 Agustus 2005 maka Prodi KPI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai perguruan tingi di bawah persyarikatan Muhammadiyah memiliki peran strategis untuk menjawab persoalan-persoalan dakwah masa kini. Dakwah masa kini ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi yang mendorong peradaban manusia memasuki era reformasi gelombang ketiga yang disebut juga sebagai revolusi industri II. Era ini ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi dan informasi. Revolusi informasi ini telah menembus batas-batas territorial, norma dan nilai sehingga mampu mengubah gaya hidup manusia modern dan membawa berbagai perubahan dan implikasi-implikasi tertentu dalam kehidupan masyarakat yang memasuki peradaban masyarakat informasi (information society).

Untuk menjawab tantangan dakwah di era masyarakat informasi diperlukan dukungan perguruan tinggi  yang memiliki komitmen dan capacity building yang mampu mengantisipasi dinamika masyarakat khususnya dinamika dakwah di era peradaban masyarakat informasi. Segaris dengan misi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat secara profesional dan pengembangan subyek didik yang berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi dan berkemampuan tinggi, UMY yakin bahwa Jurusan merupakan inti  kegiatan (core activities) atau ujung tombak keberhasilan dari suatu perguruan tinggi. Berlandasan pada keyakinan tersebut maka penguatan program studi  adalah suatu strategi menuju tercapainya misi di atas.