IMG-20161108-WA0001

 

Wirausaha menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya. Kegiatan wirausaha dikenal banyak orang dengan istilah kewirausahaan. Di lingkup prodi EPI, kewirausahaan menjadi salah satu mata kuliah bagi mahasiswa EPI semester III. Namun, ilmu kewirausahaan yang didapatkan dalam perkuliahan belum maksimal diaplikasikan karena kurangnya kegiatan mengenai kewirausahaan yang diselenggarakan bagi mahasiswa semester III.

Berdasarkan permasalahan tersebut, HIMEPI UMY bekerjasama dengan dosen mata kuliah kewirausahaan mengadakan kegiatan berupa aneka stand jualan kewirausahaan bernama Festival Kewirausahaan. Kegiatan ini bertema “Muda Berkarya, Muda Berwirausaha” dan diadakan untuk melatih dan mengembangkan potensi diri mahasiswa EPI semester III dalam berwirausaha serta mengaplikasikan ilmu kewirausahaan yang didapat di perkuliahan. Disisi lain, juga menambah uang saku. Kegiatan ini bertempat di Lobby Barat FAI dan Taman Batu FAI pada tanggal 7 – 9 November 2016 pukul 07:00-17:00 WIB.

Stand jualan kewirausahaan akan dinilai dosen mata kuliah kewirausahaan. Oleh karena itu mahasiswa EPI semester III memerlukan sebuah inovasi produk dan pemasaran yang kreatif agar produknya banyak dibeli dan mendapatkan penilaian baik. Festival Kewirausahaan tidak hanya berupa stand jualan kewirausahaan, namun juga ada hiburan yang meriahkan oleh mahasiswa FAI seperti akustik, musikalisasi puisi, dan lain sebagainya.  Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa EPI semester III menjadi wirausahawan yang inovatif, kreatif dan produktif. (HIMEPI)