Dunia penelitian merupakan dunia yang dekat dengan kehidupan mahasiswa sebagai seorang akademisi. Tidak terkecuali bagi mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UMY. Namun demikian, tidak banyak mahasiswa yang memiliki minat untuk mengembangkan diri dalam bidang penelitian, khususnya dunia penelitian Islam.

 

Berkaitan dengan itu, ICC Research yang berada di bawah naungan Divisi Keilmuan dan Keagamaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMJ KPI) UMY menggelar diskusi ilmiah, Rabu (06/04). Mengusung tema “Mengembangkan Dunia Penelitian Islam”, acara ini bertempat di Ruang Sidang FAI UMY. Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB ini dihadiri oleh mahasiswa KPI angkatan 2013, 2014, dan 2015.

 

Rahmat Arifin, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa dengan kurangnya minat mahasiswa dalam mengembangkan dunia penelitian Islam ini, maka perlu adanya motivasi terkait bidang tersebut. “Acara ini juga dapat menambah wawasan bagi mahasiswa sehingga harapannya akan muncul kelompok-kelompok peneliti Islam di FAI,” jelas Arifin.

 

Selaku pemateri adalah Eka Rora Suci Wisudawati, S.Kep., Ns., asisten dosen Prodi Keperawatan UMY yang telah banyak berhasil melakukan penelitian dalam bidang Kesehatan dan Islam. Dalam diskusi tersebut, Rora memaparkan penelitiannya yang menyabet gelar juara dalam PIMNAS ke-28 dengan judul “Efektivitas Senam Disminore dengan Relaksasi Murottal  (Serem) Al-Qur’an untuk Mengurangi Disminore”. Selain itu peserta juga diberikan tips agar proposal penelitian lolos seleksi dan didanai.

 

“Membuat penelitian bisa berasal dari pengalaman pribadi, karena dari situ bisa timbul pertanyaan dan memunculkan ide. Ada pun jika ingin bersaing dengan pihak lain, cari sesuatu yang langka dari diri kita. Salah satunya adalah dengan memadukan ilmu umum dengan Islam,” tutur Rora.

 

Penulis: Evi Sofia Inayati & Rizqi Rahayu (ICC Jurnalistik)