USIM 2

Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam (KPI FAI) UMY dalam proses menuju Internasionalisasi program mengadakan kerjasama dengan USIM (Universitas Sains Islam Malaysia).  Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MOA antara Prodi KPI FAI UMY dengan USIM Malaysia pada bulan Desember 2016. Program ini bertujuan untuk mengadakan kerjasama antara Prodi KPI FAI UMY dengan Fakultas Kepemimpinan dan Kepengurusan USIM Malaysia. Dalam rangka menjalin kerjasama ini Prodi KPI FAI UMY yang diwaliki oleh Dr. Mahli Zainuddin Tago, M.Si (Dekan FAI), Fathurrahman Kamal, Lc., M.SI (Kaprodi KPI), Imam Suprabowo, M.Pd.I (Sekretaris Prodi KPI), Twediana Budi Hapsari, Ph.D. dan Siti Bahiroh (Dosen KPI).

Imam Suprabowo , M.Pd.I  selaku Sekretaris Prodi KPI mengatakan, “Alhamdulillah hasil diskusi dengan pimpinan USIM Malaysia sesuai dengan harapan. MOA yang kami tawarkan sangat di apresiasi oleh pihak USIM Malaysia, hampir 90% mata kuliah di Prodi Komunikasi Penyiaran Islam sama dengan Fakultas Kepimpinan yang ada di USIM Malaysia. Ada 3 aspek, yaitu mata kuliah Komunikasi, Konseling, Agama/Dakwah. Untuk Komunikasi akan dimulai pada 1 september 2017 yaitu dengan adanya Student Exchange. Untuk Konseling, karena dari pihak USIM Malaysia menginginkan untuk tahun awal ini magangnya dulu selama 3 bulan. Untuk Agama/Dakwahnya  bahasa yang digunakan full arab , karena Prodi KPI sudah ada kelas internasional. Selain itu program Visiting Professor, selama 1 semester mengajar di Prodi KPI.

Mahasiswa KPI diharapkan melakukan persiapan yang baik dari awal, sehingga nanti pada saatnya seleksi mahasiswa yang akan melakukan program Student Exchange bisa mengikuti perkuliahan dengan baik disana. Prodi KPI memang sesuai dengan visi misinya yaitu siap untuk menjadi Prodi yang unggul baik itu moral, intelektual, di bidang konseling dan komunikasi terutama di Asia Tenggara ini, jelas Sekretaris Prodi KPI Imam Suprabowo , M.Pd.I. (D)