Dalam rangka menumbuhkankembangkan budaya penelitian dan kualitas penelitian yang memadai bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa tingkat semester akhir di lingkungan Prodi. Muamalat (EPI) FAI UMY Tahun 2017, maka diselenggarakannyalah workshop penelitian ekonomi dan perbankan syariah. Muhammad Zakiy, SEI., M.Sc. selaku Dosen Muamalat (EPI) FAI UMY sekaligus penanggungjawab pelaksanaan kegiatan workshop penelitian angkatan 2014 mengungkapkan,”jumlah peserta workshop penelitian mencapai 220 peseta yang terbagi dalam 2 gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada 27 Agustus dan 10 September 2017 dengan dihadiri 84 peserta. Sementara itu pada Gelombang ke II kegiatan tersebut dilaksanakan pada 24 September 2017 dan dilanjut pada 1 Oktober 2017 mendatang dengan diikuti oleh 136 peserta.” Perlu diketahui bahwa kegiatan workshop penelitian ini telah terselenggara ke-6 kalinya yang diadakan oleh Prodi Muamalat (EPI) FAI UMY sebagai upaya mengatasi kegelisahan, serta problema yang dihadapi oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa tingkat akhir yaitu menyelesaikan tugas akhir masa studi (skripsi).

 

Bertemakan “Studi Tuntas dengan Penelitian Berkualitas”, Dr. Maesyaroh, M.A selaku Kaprodi. Muamalat (EPI) FAI UMY mengungkapkan bahwa tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah untuk menganalisis kebutuhan-kebutuhan dan problem yang dihadapi beserta solusinya melalui penelitian perbankan syariah. Kemudian untuk menelaah potensi mahasiswa dalam bidang penelitian, baik dari aspek pemahaman, kemampuan dan aplikasi dari segi penulisan dan penyusunan proposal hingga bagaimana teknis pelaporannya. Lebih lanjut kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi wadah untuk menjaring informasi, ide, gagasan mahasiswa Prodi. Muamalat (EPI) guna mempersiapkan penulisan tugas akhir (skripsi). Dan yang terpenting dalam kegiatan ini adalah sebagai upaya penyelarasan ide penelitian mahasiswa dengan Rencana Induk Penelitian – RIP (Road Map) Prodi. Muamalat (EPI) FAI UMY. Adapun 3 aspek yang terkandung dalam Road Map yang menjadi ke-khas-an dari Prodi. Muamalat (EPI) FAI UMY yaitu: Bidang Muamalat, Bidang Ekonomi Islam dan Bidang Lembaga Keuangan Islam.

 

Adapun materi-materi yang disajikan disesuaikan dengan kebutuhan, diantaranya pemaparan Road Map penelitian Prodi. Muamalat (EPI) FAI UMY, tata penulisan dan kebahasaan, pengantar penulisan karya ilmiah, metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif, pendampingan DPA dan Reviewer. Dengan diimbangi hadirnya pakar-pakar yang berkompeten dibidangnya, yaitu: sebagai pembicara, Hilman Latief, Ph.D.; M. Syifa Amin Widigdo, Ph.D.,; Asep Purnama Bahtiar, M.Si.; Amelia Pratiwi, M.E; Syarif As’ad, M.S.I. dan Mahli Zainuddin., M.Si. Kemudian sebagai Reviewer Dr. Maesyaroh, M.A.; Andri Martiana, Lc., MA.; Mukhlis Rahmanto, Lc., M.A.; Syafaah Restuning H., Lc., S.E.I., M.A., Ek., Aqidah Asri S., M.E.I.; Dyah Pikanthi, M.M.; Homaidi Hamid, M.Ag.; Julia Noermawati, M.S.I.; Miftakhul Khasanah, M.S.I.; M. Zakiy, M.Sc.; Drs. Moh. Mas’udi, M.Ag.; Rozikan, M.S.I.; Satria Utama, M.E.I.; Sobar, M.Sc. dan Syah Amelia M.P., M.E.I. (D)