Bantul, Yogyakarta- Fakultas Kepimpinan dan Pengurusan Universitas Sains Islam Malaysia (FKP USIM) mengadakan silaturrahmi akademik ke Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KPI UMY) 30-31 November 2017. Kunjungan ini merupakan inisiatif dari Pelajar Sarjana Muda Komunikasi Tahun 3 (mahasiswa semester 7) Fakultas Kepimpinan & Pengurusan Periode 2016/2017.

Dijelaskan Sekretaris Prodi Rhafidilla, proposal kunjungan USIM sudah masuk ke pihak Prodi dari bulan Juni atau Juli tahun lalu. “Tujuan silaturrahmi untuk melihat bagaimana Konsentrasi Komunikasi dan Konseling Islam di Prodi KPI UMY, mengingat konsentrasi di FKP dan KPI UMY sama. Kunjungan ke KPI UMY ini sebenarnya salah satu agenda USIM di Yogyakarta, selain jalan-jalan, diskusi ilmiah dan diskusi panel ke UIN dan Amikom” tutur Dilla.

Dilla, mengaku tujuan kunjungan ini, bukan hanya menjalin kerjasama, namun juga sebagai ajang belajar mahasiswa kita untuk bisa menjalin hubungan baik dengan mahasiswa lain terutama dengan luar negeri. “Harapannya bisa melakukan kunjungan balasan ke USIM dengan agenda yang sama. Kemudian silaturahmi bisa terus berjalan dan terus berbagi berbagai kegiatan akademik antar kedua negara ini”, ungkap Dilla.

Novzaliah binti Razali Mahasiswi USIM, mengatakan rangkain program kunjungan ini dapat memberi manfaat dan infak kesegaran untuk menjadi seorang mahasiswa yang benar-benar berkualitas kepada Islam. “Kunjungan ini bagus, teratur, kami dilayani dengan baik dan tidak menyangka kunjungan ini berjalan dengan lancar. Sebenarnya kami takut, jika kami tidak akan dibantu, namun nyatanya semua membantu kami. Terimakasih kepadak pihak KPI UMY”, ungkap Novlizah.

Selain itu, Faizul Insan Nasrullah Mahasiswa KPI UMY menilai, acara seperti ini kalau bisa sesering mungkin diadakan bahkan lebih jauh lagi. “Kalau bisa mahasiswa KPI UMY juga silaturrahmi ke USIM, guna sharing jadi kita bisa mengeahui keadaaan di Malaysia seperti apa, dan  di Indonesia seperti apa. Harapannya acara seperti ini tetap harus berkelanjutan kedepannya”, tukas Faizul.

Amelia Pratiei, S.E.,M.E. Wakil Dekan 1 mengatakan, acara saling berkunjung mengunjungi antara USIM dan KPI UMY bisa menjadi batu pijakan kerjasama yang lebih intens ke depannya. “Jadi saya berharap nanti ke depannya akan ada kerjasama yang baik antara dosen, seperti kolaborasi riset, bahkan student exchange antara mahasiswa USIM dan KPI UMY, agar saling bertukar informasi, pengetahuan dan budaya”, jelas Amel.

Amel mengaku, acara positif semacam ini memang perlu digalakkan. “Sehingga menjadi nilai bagi mahasiswa sendiri dan dosen-dosennya, agar ke depannya tetap diteruskan, ditingkatkan, dan diselenggarakan setiap periode kalau perlu”, tambahnya. (Gustin, Gigih, Kiki- Icc Jurnalistik)