Setelah suksesnya acara Pembukaan dan Donor Darah, pada hari Selasa, 28 Februari 2017 lalu Tarbiyah Fair 2017 kembali menyelenggarakan acara, yaitu Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan di Gedung Ar. Fakhruddin B lantai 5. Seminar Nasional Pendidikan kali ini mengambil tema “Evaluasi dan Revolusi Pendidikan Di Era Kompetitif” dimana melihat evaluasi dari berbagai sistem pendidikan dan pembelajaran menjadi sebuah pondasi awal dalam perbaikan sistem pembelajaran yang lebih baik dan efektif, dari evaluasi ini terciptalah sebuah revolusi pendidikan, dimana revolusi pendidikan ini adalah revolusi dari seluruh aspek-aspek dan unsur-unsur pendukung sebuah kegiatan belajar-mengajar.

Acara ini mengundang banyak antusiasme para calon pendidik dan para pendidik, dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti seminar ini serta para guru maupun dosen, sehingga hampir memenuhi ruangan tempat diselenggarakannya acara ini.

Dalam Seminar Nasional Pendidikan kali ini, mengundang tiga pemateri yang telah mumpuni dalam bidang kependidikan serta mativator penyelenggara pendidikan di daerah yang masih sangat kurang dalam pendidikan. Beliau adalah Prof. Suyanto, Ph.D yang menjabat sebagai Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2011-2013, Hidayatul Mabrur selaku Pengajar Muda VI Kab. Muara Enin, Sumsel, dan beliau merupakan Founder KPSP (Komunitas Penggiat Sosial Pendidikan Yogyakarta) serta Karina Bungan Hati selaku Relawan Penyelenggara atau Koordinator Divisi Rekrutmen Kelas Inspirasi Yogyakarta.

Para pemateri ini memberikan materi dengan sangat baik. Materi yang disampaikan oleh pemateri sangat menarik bagi peserta terbukti dengan beberapa peserta yang mengajukkan berberapa pertanyaan berkaitan dengan tema yang diberikan pemateri dan apresiasi dari KA. Prodi DIEFIS UMY Bapak Dr. H. Abdul Madjid, M. Ag. dalam acara ini. (Wahyu-HIMAPAI)