Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HIMAPAI) UMY kembali menggelar Seminar Kewirausahaan, Kamis (07/04). Seminar Kewirausahaan ini sekaligus membuka agenda rutin tahunan HIMAPAI UMY dalam rangkaian acara Tarbiyah Fair. Bertempat di Gedung AR Fachruddin B Lantai 5, seminar ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai universitas di Yogyakarta.

 

Dea Al Kamal Khas selaku ketua penyelenggara mengungkapkan keprihatinannya terkait kurangnya minat mahasiswa untuk mengenal dunia wirausaha. “Kuliah itu tidak hanya untuk belajar di ruang kelas, dan di sini kami berusaha meningkatkan minat mahasiswa untuk mau berkecimpung dalam dunia wirausaha,” jelas Dea. Selain itu, menurut Dea, ilmu wirausaha ini juga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

 

Mengusung tema “Entrepreneur is the Way of Life”, sebagai pemateri adalah Afrig Wasiso, MBA dan Muhammad Zakki Mubarak, M.Kom. Seminar ini dibuka oleh Wakil Prodi Bidang Kemahasiswaan, M. Naufal Rijalul Alam, S.Pd.I, MA.

 

Dalam sambutannya, Naufal mengimbau agar mahasiswa tidak hanya fokus pada bidang pendidikan semata, tetapi juga bisa mulai belajar berwirausaha untuk menyeimbangkan kegiatan akademik dan non akademik. “Hal ini sekaligus untuk membuka lapangan kerja yang baru sehingga ke depannya mahasiswa tidak hanya mengandalkan beasiswa abadi dari orangtua,” tandasnya.

 

Penulis: Wibi Aulianto (ICC Jurnalistik)