Yogyakarta, Sidang Terbuka Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada oleh Dekan Fisipol digelar pada upacara promosi Doktor, Mahli Zainuddin menjadi Doktor dalam Ilmu Sosiologi atas dasar disertasinya, Dengan judul: ‘Instrumentalisasi Agama: Pergeseran Rasionalitas Tindakan Sosial Di Kerinci Hilir’
Promotor : Prof. Dr. Susetiawan, S.U. dan Co-Promotor: Prof. Dr. San Afri Awang, M.Sc. Sidang terbuka dilaksanakan di Convention Hall Fisip UGM pada Sabtu 13 Oktober 2012, pukul 10.00 WIB.

Dalam penyimpulan disertasinya, Mahli mengungkapkan bahwa rasionalisasi tindakan Max Weber terlihat bahwa telah terjadi pergeseran rasionalitas dalam tindakan sosial keberagamaan di Kerinci Hilir, dari rasionalitas nilai pada era 1980-an dan sebelumnya menjadi rasionalitas instrumen pada era 2.000-an. pada era 1980-an dan sebelumnya tindakan sosial keberagamaan dengan rasionalitas nilai itu meskipun melahirkan etos kerja tidak sampai mendorong sedemikian rupa pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi lahir disebabkan oleh booming ekonomi komoditas. Sedangkan pada era-2.000-an ekspresi dari tindakan sosial keberagamaan dengan rasionalitas intrumen adalah fenomena instrumentalisasi agama yaitu proses dimana agama menjadi intrumen untuk meraih kepentingan-kpentingan ekonomi. Realitas intrumentalisasi agam itu terlihat baik dalam ranah Islam Syariat maupun Islam Sinkretis.
Dr. Mahli Zainuddin sebagai salah satu Dosen Tetap Jurusan-Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam ini merupakan Doktor ke-1372 yang pernah diluluskan oleh UGM, dan dengan prestasi Doktor yang disandangnya, saat ini FAI UMY telah memiliki 7 orang bergelar Doktor.