Profil

 

Ayat

Tidak sepatutnya bagi orang-orang mukmin pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberikan peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya (Q.S. At-Taubah, 122)

Gd fai 1
Gedung Administrasi dan Perkuliahan FAkultas Agama UMY

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta – (FAI UMY) memposisikan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi terdepan dan mencerahkan di bidang studi keislaman (Islamic Studies) berlandaskan semangat ijtihad dan profesionalisme. Fakultas ini memiliki komitmen kuat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Islamic Studies, serta unggul secara keilmuan, keterampilan, kepribadian dan sosial, sehingga mampu berperan sebagai kader Persyarikatan, umat dan bangsa.

Indikator kompetensi di atas antara lain:

  1. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Islamic Studies secara mendalam.
  2. Memiliki keterampilan untuk memecahkan persoalan-persoalan umat.
  3. Berakhlak mulia dan bersedia menegakkan al-amr bi al-ma’ruf wa al-nahy ‘an al-munkar.
  4. Mempunyai kemampuan memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menyampaikan risalah Islamiyah dengan sebaik-baiknya.

Fakultas Agama Islam UMY dipercaya oleh masyarakat karena memiliki keunggulan-keunggulan komparatif dibandingkan dengan Fakultas Agama di perguruan tinggi lain. Keunggulan-keunggulan tersebut tampak pada aspek institusi, proses, sumber daya insani dan networking (jaringan). Saat ini ketiga program studi telah mengantongi status akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). yaitu; Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Program Studi Ekonomi dan Perbankan Islam (EPI).

Status akreditasi yang berhasil dicapai oleh suatu institusi pendidikan merupakan pengakuan resmi pemerintah terhadap yang bersangkutan. Oleh karena itu bisa dipahami jika untuk saat ini dan masa-masa mendatang para pengguna lulusan perguruan tinggi hanya akan menerima mereka yang telah lulus dari program studi yang terakreditasi, terlebih dengan predikat akreditasi “A”.

Gedung Administrasi Pusat Univ. Muhammadiyah Yogyakarta

Sejalan dengan akselerasi perkembangan masyarakat, FAI telah meninggalkan proses dan kegiatan pembelajaran “gaya lama”. Saat ini seluruh kegiatan perkuliahan telah berbasis informasi dan teknologi; menerapkan metode belajar aktif, kreatif, efektif dan menggembirakan serta didukung dengan sistem informasi akademik yang canggih dan prima. Di samping itu, untuk membekali mahasiswa dalam multitalenta, cerdas secara sosial dan spiritual, FAI menyelenggarakan pelatihan-pelatihan soft skill untuk mahasiswa, membentuk komunitas-komunitas keahlian mahasiswa seperti komunitas dakwah dan seni, penelitian, bahasa asing, dan komunitas kewirausahaan.

Keunggulan lainnya terletak pada sumber daya insani fakultas. FAI UMY sekarang telah memiliki seorang Guru Besar, 5 orang dosen berkualifikasi doktor, 7 kandidat doktor, dan selebihnya adalah magister dalam dan luar negeri. Selain berprofesi dosen, mereka aktif dalam berbagai bidang profesi seperti praktisi perbankan, praktisi media elektronika dan cetak, aktivis Muhammadiyah/Aisyiyah, dai/mubaligh lokal-nasional-internasional, penulis buku, penulis di berbagai media massa, dan aktivis organisasi profesi lain. Beberapa dosen tamu adalah native speaker dari Mesir dan Australia.

Networking Persyarikatan Muhammadiyah merupakan keunggulan tersendiri bagi FAI UMY yang tidak dimiliki oleh lembaga serupa di luar Muhammadiyah. Jaringan tersebut berupa lembaga pendidikan mulai dari tingkat prasekolah sampai tingkat perguruan tinggi yang jumlahnya ribuan. Muhammadiyah adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang memiliki lembaga pendidikan terbanyak di seluruh dunia. Sekolah-sekolah Muhammadiyah ini menjadi mitra Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMY dalam rangka pengembangan keterampilan mengajar mahasiswa dan penyaluran kerja alumni.

Jaringan yang lain berupa lembaga-lembaga perekonomian yang dimiliki Muhammadiyah seperti Baitul Mal Wat Tamwil (BMT), Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), LAZIS Muhammadiyah, BAZIS Muhammadiyah dan sebagainya. Jaringan ini sangat mendukung eksistensi Program Studi Ekonomi dan Perbankan Syari’ah terutama sebagai tempat magang dan penyaluran kerja alumni.

Adapun jaringan Muhammadiyah yang mendukung kualitas Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam FAI UMY berupa lembaga-lembaga dakwah di bawah koordinasi Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus, lembaga-lembaga pers Muhammadiyah seperti majalah, radio dan televisi.

Secara lebih spesifik, keunggulan Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMY tampak pada misinya yang tidak hanya mencetak mahasiswa menjadi teacher seperti halnya lulusan prodi yang sama di perguruan tinggi lain namun juga memiliki keahlian sebagai trainer dalam aneka pelatihan dan outbond. Seperti halnya Prodi PAI, keunggulan spesifik Program Studi Ekonomi dan Perbankan Syari`ah juga tampak pada misinya untuk menjadikan alumninya memiliki keahlian yang seimbang dalam bidang ekonomi konvensional dan ekonomi syariah. Adapun keunggulan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam terletak pada dukungan Persyarikatan Muhammadiyah lewat Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus kepada Prodi ini untuk menyelenggarakan Program Pendidikan Tinggi Mubaligh Muhammadiyah (PTMM). Alumni Program ini akan berkiprah di Persyarikatan yang tersebar di seluruh tanah air dalam kancah dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Alamat Kampus :

 Fakultas Agama Islam UMY

Gd. F6 Kampus Terpadu UMY

Jl. Ringroad Barat Tamantirto, Kasihan, Bantul D.I.Y  55183

Telp. +62 274 387656 eks. 130
Fax.   +62 274 387646

email : fai@umy.ac.id

website: http://fai.umy.ac.id

 

* $tBur šc%x. tbqãZÏB÷sßJø9$# (#rãÏÿYuŠÏ9 Zp©ù!$Ÿ2 4 Ÿwöqn=sù txÿtR `ÏB Èe@ä. 7ps%öÏù öNåk÷]ÏiB ×pxÿͬ!$sÛ (#qßg¤)xÿtGuŠÏj9 ’Îû Ç`ƒÏe$!$# (#râ‘É‹YãŠÏ9ur óOßgtBöqs% #sŒÎ) (#þqãèy_u‘ öNÍköŽs9Î) óOßg¯=yès9 šcrâ‘x‹øts† ÇÊËËÈ

 

Fakultas Agama Islam - The Best Reason To Be Excellent