img-20161128-wa0018

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) FAI UMY mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi mahasiswa KPI semester 3 pada (13-18/11/2016) ke Jakarta . Ada sekitar 84 mahasiswa Prodi KPI konsentrasi konseling dan konsentrasi komunikasi baik itu kelas A dan B. Kegiatan KKL ini rutin diadakan oleh Prodi KPI FAI UMY sebagai pembelajaran langsung kepada para mahasiswanya.

Rhafidilla Vebrynda, M.I.Kom. selaku Dosen KPI FAI UMY sekaligus dosen pembimbing selama KKL menjelaskan, dilihat dari sisi mahasiswanya mereka sangat senang dan antusias karena dimulai dari tujuan kunjungan mulai dari tempat-tempat yang kita tuju memang benar-benar memberikan ilmu baru bagi mereka, karena ada yang mengarah ke konseling dan ada yang mengarah ke komunikasi. Untuk komunikasi kami ke media penyiaran.

Kunjungan pertama KKL kali ini ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), kebetulan di sana ada Kanal Radio dan Kanal TV. Kanal Radio dan Kanal TV nya itu membuat program-program yang segmentatif, jadi segmentasinya memang khusus untuk kampanye-kampanye anti korupsi. Disana mahasiswa belajar bagaiman untuk membuat suatu program kemudian melihat bagaimana aktivitas produksi sebuah program terutama program-program on air hingga program off air dari program kampanye anti korupsinya yang dibuat oleh KPK. Mahasiswa sangat aktif untuk bertanya tentang bagaimana pengembangan program kemudian isi programnya apa saja yang sudah berjalan dan apa kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

Kunjungan kedua yaitu ke JAK TV atau Jakarta TV. di JAK TV selain mahasiswa aktif bertanya ternyata mereka juga sangat tertarik untuk praktek langsung. Jadi kita datang ke studionya dan mahasiswa diberikan kesempatan untuk jadi reporter, pembawa acaranya, kameramen, dan cord direktornya. Awalnya para mahasiswa masih malu-malu, tapi setelah sudah ada yang maju yang lain juga ikurtan maju. Jadi mereka benar-benar melihat dan praktik langsung tentang apa yang akan mereka dapatkan di dunia pekerjaan nanti setelah lulus dari Prodi KPI FAI UMY.

Kunjungan selanjutnya ke Universitas Yarsi, disana kami melihat bagaimana Fakultas Psikologi beserta Laboratorium Psikologinya yang sudah sangat berkembang. Banyak ilmu dan pengalaman baru yang mereka dapatkan di Universitas Yarsi ini. Kemudian acara terakhir di Kick Andy. Mereka melihat langsung bagaimana program acara tapping itu dilaksanakan.

Harapannya untuk para mahasiswa dengan mengikuti KKL ini mahasiswa mendapatkan ilmu dan pengalaman baru berdasarkan konsentrasi yang meraka pilih baik itu konseling maupun komunikasi. Para mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat laporan KKL. Laporan sebagai review. Jadi ketika mereka jalan, mereka melihat. Mereka tidak hanya lihat terus lewat. Tapi mereka mereview kembali dengan membuat laporan yang nantinya akan dikumpulkan dan diberikan nilai untuk laporannya itu juga akan dapat sertifikat sebagai bukti kalau mereka sudah pernah kunjungan dan belajar langsung ke tempat-tempat yang sesuai, tambah Rhafidilla Vebrynda, M.I.Kom.