USIM

Dalam rangka mewujudkan program internasionalisasi program studi, prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KPI FAI UMY), berencana akan menjalin kerjasama dengan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM). Rencana kerjasama tersebut akan disampaikan langsung oleh KPI FAI UMY pada Jum’at (21/10) di USIM, yang akan diwakili oleh Dr. Mahli Zainuddin Tago, M.Si (Dekan FAI), Fathurrahman Kamal, Lc.,M.SI (Ketua Prodi KPI), Imam Suprabowo, M.Pd.I (Sekretaris Prodi KPI), Twediana Budi Hapsari, Ph.D dan Dr. Siti Bahiroh (Dosen KPI).

Menurut Twediana Budi Hapsari, Ph.D, selaku dosen KPI FAI UMY, kerjasama tersebut nantinya akan melibatkan Fakultas Kepemimpinan dan Kepengurusan USIM sebagai mitranya. Adapun tujuan dari dijalinnya kerjasama tersebut tidak lain adalah untuk mewujudkan internasionalisasi program prodi KPI UMY. “Tujuan kerjasama ini juga sesuai dengan tagline UMY yang Muda Mendunia. Dalam kerjasama tersebut rencana ada beberapa program yang nantinya akan kami lakukan, seperti Transfer Credit selama 6 bulan (1 semester) untuk peningkatan akademik mahasiswa dengan cara mengirimkan mahasiswa KPI UMY untuk belajar di USIM,” jelasnya.

Selain itu, imbuh Twediana lagi, program kerjasama lainnya seperti Lecture Exchange untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, serta kolaborasi riset atau penelitian antara dosen KPI UMY dengan dosen USIM. “Kemudian juga kami merencanakan agar ada Joint Conference antara KPI UMY dengan USIM. Ketiga program tersebut masih akan kami bahas bersama nanti pada Jum’at (21/10). Untuk target penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) sendiri kami targetkan tahun ini sudah dapat terealisasi,” paparnya.

Sementara itu, Imam Suprabowo, M.Pd.I, Sekretaris Prodi KPI berharap dengan adanya kerjasama tersebut, dapat meningkatkan kualitas mahasiswa atau pun dosen-dosen KPI. “Kami harap ke depannya dengan adanya program ini prodi KPI FAI UMY bisa semakin baik dalam hal kualitas mahasiswa ataupun dosennya, sehingga di tahun 2020 nanti prodi KPI FAI UMY sudah mampu bersaing di tingkat Asia dalam segala aktivitas akademik,” ujarnya.

(Wahyu)