Yogyakarta – Perguruan Tingkat Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) mengadakan  Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) kopertais wilayah III Yogyakarta 2018 Tingkat Nasional. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam untuk mengasah kemampuan, keahlian, kerjasama, soft skill dan hard skill-nya. Selain itu juga PKM ini ditujukan untuk meningkatkan mutu lulusan PTKIS agar dapat berdaya saing tinggi dan menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dengan berlandaskan nilai-nilai Agama dan Pancasila. Acara Perdana yang berlangsung pada (21-23/11/2018) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini, diikuti ole 520 mahasiswa Fakultas Agama Islam dari 26 Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia.

PKM PTKIS 2018 ini dilaksanakan pertama kali di Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ditunjuk sebagai tuan rumah, dimana acara ini diselenggarakan di lantai dasar Masjid KH. Ahmad Dahlan kampus terpadu UMY, Rabu (21/11) hingga Jum’at (23/11). Selama ini perguruan tinggi Islam tidak memiliki acara PKM, karena PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang merupakan sebuah ajang kompetisi karya kreatif mahasiswa tingkat nasional diadakan oleh kemenristekdikti. Sementara PTKIS berada di bawah naungan kementerian Agama. 

Dalam sambutan pembukaan PKM yang disampaikan oleh Dekan FAI UMY, Bu Akif Khilmiyah selaku ketua Forkomnas (Forum Komunikasi Nasional) PTKIS wilayah III sekaligus Dekan FAI (Fakultas  Agama Islam) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengatakan bahwa, acara PKM PTKIS ini diadakan sebagai wadah dan ajang kompetensi antar mahasiswa keagamaan Islam. Selain itu harapannya acara ini akan terus diadakan setiap tahunnya.

Terdapat 13 kategori lomba yaitu Debat bahasa Arab, Debat bahasa Indonesia, Kaligrafi, Karya Cipta Mahasiswa, Membaca berita bahasa Arab, Membaca berita bahasa Inggris, Penelitian Mahasiswa, Pidato bahasa Arab, Pidato bahasa Inggris, Pidato bahasa Indonesia, Qiro’atul kutub, Tahfidzul Qur’an dan Tilawatil Qur’an. Perlombaan tersebut diikuti oleh 26 PTKIS seluruh Indonesia, dan terdiri dari 505 mahasiswa yang berpartisipasi.

Selain itu PTKIS PKM 2018 dapat dimanfaatkan sebagai program untuk menunjang akreditasi bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta yang terlibat. Seperti yang dikatakan oleh Wakil Koordinator PTKIS Kopertais III Prof. Dr. H. Syihabuddin Qolyubi, Lc., M.Ag. “Tujuan lain dari kegiatan ini seperti yang sudah disebutkan adalah untuk menghadapi akreditasi. Di samping itu juga, acara ini sangat tepat untuk ajang silaturahim dengan PTKIS seluruh Indonesia,” katanya dalam pembukaan PTKIS PKM 2018 pada Rabu (21/11).

Ungkapan bangga juga disampaikan oleh Rektor UMY Ir. Gunawan Budiyanto M.P. atas terlaksananya PTKIS PKM 2018 Wilayah Kopertais III Yogyakarta di UMY. “Kami bangga dengan kerja keras seluruh panitia dan yang bekerja sama di dalamnya, terutama dekan FAI UMY Dr. Akif Khilmiyah, M.Ag. Begitu juga panitia yang berasal dari mahasiswa yang sudah mencurahkan tenaganya selama tiga minggu terakhir ini,” papar Gunawan dalam sambutannya. (Fikri,Rizki)