BANTUL- Pada tanggal 18 s/d 21 Februari 2018, UNIDA (Universitas Darussalam) Gontor menyelenggarakan Lomba Faculty Of Economics & Management Festival. Dalam acara ini, UMY mendelegasikan 3 mahasiswanya untuk mengikuti Lomba Debat Ekonomi Islam yang merupakan salah satu lomba dalam rangkaian acara Faculty Of Economics & Management Festival Universitas Darussalam Gontor. Ketiga mahasiswa tersebut adalah FahmiYudiansyah (20160730157) mahasiswa prodi Muamalat angkatan 2016, Lale Yomi Safitri (20150730176) mahasiswa prodi Muamalat angkatan 2015, dan Iman Agung R. (20150430241) mahasiswa prodi IPIEF angkatan 2016.

Dalam cabang Debat terdiri dari tiga tahap.Tahap pertama merupakan tahap penyisihan. melalui essay, dan kami mengirim essay dengan judul “Pengembangan UMKM melalui Fintech Dengan Model Supply Chain Management dalan rangja membangkitkan Islamic Economics Suistainable Development”  dan akhirnya kami lolos dalam Babak semi Final 10 Besar.

Tahap Selanjutnya, Kami mulai dalam Kompetensi debat dengan melawan kampus UNIDA “Mantingan” dengan mosu “DAU Sebagai Instrumen Investasi” dan kami Mendapatkan Posisi Affirmative dan Alhamdulillah kami lolos dalam 4 Besar.

Kemudian kami menghadapi lawan dari USU dengan mosi “Pembatasan TKA di Indonesia” dan Mendapatkan Posisi Pro. Terakhir kami bertanding untuk memperebutkan Juara 3 melawan UNISMA dengan mosi “Privastisasi BUMN ke Publik” dan kami Mendapatkan posisi Affirmative dan Alhamdulillah kami Mendapatkan Juara 3.

Setelah melalui berbagai rangkaian kegiatan pada lomba tersebut, Lale Yomi mengatakan bahwa banyak sekali pengalaman yang mereka didapatkan. Mulai dari pengalaman perjalanan, kompetisi, sosialisasi dengan mahasiswa dari kampus lain, serta berbagai ilmu baru yang didapatkan dari Seminar Nasional “Membangkitkan Islamic Sustainable Economic Development melalui Sinergitas Lembaga Keuangan Syariah dan Wirausaha Muda Muslim yang Inovatif.”

Prodi Muamalat sangat mengapresiasi dan mendukung para mahasiswanya untuk mengikuti ajang kompetisi seperti ini. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang  dan mengasah kemampuan mahasiswa mengenai pemahamannya terhadap Ekonomi Islam serta menciptakan semangat berkompetisi bagi mahasiswa Muamalat khususnya.(My, OM)