Setalah 1 bulan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri, Civitas Akademika UMY khusus nya Dosen dan Karyawan Fakultas Agama Islam kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Tak lupa, Fakultas Agama Islam juga mengadakan Syawalan Keluarga  Besar FAI dan pengajian rutin. Pengajian dan Syawalan FAI dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juni 2019 di Hotel Galuh Prambanan.  Dalam sambutannya, Dr. Akif Khilmiyah. M.Ag selaku Dekan Fakultas Agama Islam menyampikan salah satu harapan beliau dengan diadakannya kegiatan ini adalah agar terus terpupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan diantara keluarga besar FAI UMY

Materi pengajian pada kesempatan ini disampaikan oleh Bapak Dr. Sukamta, S.T., M.T. Dalam pengajian, Beliau menyampaikan bahwasannya,keluarga yang baik adalah sumber utama terciptakanya kehidupan yang baik pula. Oleh sebab itu, baik suami maupun istri memiliki peran penting dan tanggungjawab didalammnya. Pengajian ditutup dengan cerita nostalgia dari para Dosen senior tentang awal mula dan perjuangan Fakultas Agama Islam hingga sampai pada titik ini.

Untuk mempererat silaturahmi diantara keluarga besar Fakultas Agama Islam UMY, panitia pengajian dan syawalan juga mengadakan Ramah Tamah pada malam harinya. Suasana semakin hangat ketika para dosen dan karyawan beserta keluarga makan malam dan bernyanyi bersama. Pada esok harinya (Ahad,23/06/29), kegiatan dilanjutkan dengan outbond dan jalan santai dari Hotel Galuh menuju Candi Plaosan. (SR)