Pelantikan Keluarga Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KM FAI UMY) diselenggarakan di Gedung A.R Fachruddin B lantai 5 pada Kamis, 16 Agustus 2018 dan dimulai dari pukul 07.00 sampai 11.30 WIB. Pelantikan ini dihadiri oleh Ibu Rhafidillah Vebrynda dan Bapak Satria Utama sekaligus yang akan melantik pengurus KM FAI UMY. Tujuan dari pelantikan ini juga untuk mempengaruhi mahasiswa lain, khususnya untuk mereka yang tidak mau tahu tentang kegiatan di KPI.

Achmad Yusril Ihsan sebagai ketua senat angkatan 2018/2019 sekaligus ketua pelaksana pelantikan menjelaskan bahwa persiapan pelantikan yang mengurus lebih detailnya adalah mantan sekertaris tahun lalu. Kendala dalam persiapan pada panitia karena ada beberapa panitia yang ikut panitia mataf maka untuk koordinasinya sedikit mengalami kesulitan seperti koordinasi dalam menghubungi Dekan maupun cetak banner.

Seluruh ketua di KM FAI seperti Ketua HIMEPI dan Ketua HIMA PAI tentunya memiliki tujuan dan harapan yang sama untuk KM FAI UMY agar saling bersinergi. Gubernur BEM FAI UMY, Ketua Senat FAI, dan Ketua HMJ KPI pada khususnya juga memiliki tujuan yang sama dengan perjalanan organisasi di KM FAI UMY ke depannya. Mereka menyatakan harapan yang sama, yakni agar masing – masing dari setiap organisasi di FAI saling bersinergi dan saling membantu satu dengan lainnya.

“Pesan saya untuk seluruh lembaga yang ada di FAI, harapannya semoga kita bisa saling bersinergi, saling mendukung satu sama lain, apalagi untuk semua ketua. Alhamdulilah sekarang ini untuk ketua, komunikasi dan kumpul bisa terlaksana dengan baik, bukan hanya ketua, kita mengharapkan pimpinan harian seperti sekretaris umum kemudian bendahara umum untuk kumpul, sehingga komunikasi itu bisa terjalin dengan baik antar lembaga,” tegas Rasyid Ridho sebagai Gubernur BEM FAI UMY 2018/2019.

“Yang saya harapkan, kita lembaga yang baru dilantik 2018/2019 dapat menjalin sinergitas. Sinergitas dalam arti kita di lembaga tidak hanya bersatu ketika event, tapi anggaplah kita di lembaga sebagai lembaga. Ketika ada masalah di luar organisasi, ayolah kita saling bahu membahu membantu satu sama lain, jadi tidak terkesan kita organisasi lembaga mahasiswa FAI hanya sekedar organisatoris yang kumpul ketika ada kegiatan, tapi ketika ada masalah di luar organisasi dan sebagainya, kita harus ada disamping mereka sebagai sesama organisatoris di FAI,” jelas Ihsan selaku Ketua Senat 2018/2019 ketika diwawancarai Tim Jurnalistik HMJ KPI.

“Untuk teman– teman anggota HMJ dan mungkin semua mahasiswa KPI bisa aktif untuk ke depannya, yang diutamakan bisa saling bersinergi dalam setiap kegiatan, baik dalam kegiatan internal dan eksternal arti aktif disini yaitu aktif dengan antusias bukan hanya aktif yg sering datang saja, tapi antusias itu yang memang tertarik dan serius dalam setiap kegiatan KPI,”  ungkap Hilmy sebagai Ketua HMJ KPI 2018/2019.  (SAR/OM)