Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HIMAPAI FAI UMY) menggelar PAI Gathering, Rabu (19/4/2017) dengan mengangkat tema “PAI Gathering, Solidaritas tanpa Batas Bersama Kita Mumtaz.” Acara yang diikuti oleh segenap Pimpinan FAI, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa yang dimulai dari pukul 07.00 WIB ini dibuka dengan senam bersama dilanjutkan dengan berbagai kegiatan antara lain perlombaan-perlombaan seperti, blind train, roda tank, rujak party, photo booth, Dosen Award serta pengumuman peserta yang lolos seleksi untuk berangkat PPL Internasional. Bertempat di lapangan futsal UMY, PAI Gathering ini juga dimeriahkan oleh FAI Music dan pembagian doorprize. “Terimakasih saya haturkan kepada seluruh peserta PAI gathering, seluruh dosen, karyawan, mahasiswa yang telah hadir dan berpartisipasi dalam acara ini. Jarang bisa bertemu seperti ini. Semoga selangkah demi selangkah kaki yang kita langkahkan ke acara ini itu merupakan sebuah ibadah, apapun niatnya. Amin.” Hal ini diungkapkan oleh Ebit Sutrisna selaku Ketua Panitia PAI Gathering.

Rofiudin Habiburrahman selaku Ketua HIMAPAI FAI UMY menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan, “Ajang untuk mempersatukan kita, mengumpulkan keluarga besar kita. Ketika MATAF yang berkumpul hanya mahasiswa baru dan kemudian dosen hanya sebagian, tapi Alhamdulillah, hari ini kita bisa mempertemukan semua angkatan dan juga bapak ibu dosen serta karyawan. Insya Allah PAI Gathering ini diniatkan untuk benar-benar memupuk kebersamaan kita sebagai keluarga. Agar kita saling bisa merangkul satu sama lain, mengingat satu sama lain. Berjalan, melangkah bersama untuk membuat PAI UMY ini menjadi lebih baik lagi.”

Ketua Program Studi PAI, Dr. Abd. Madjid, M. Ag. juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini sungguh luar biasa,”Saya katakan luar biasa karna 20 tahun PAI UMY ada di Yogyakarta tetapi belum pernah melaksanakan kegiatan semacam ini. Oleh sebab itu, kita berikan apresiasi kepada ketua HIMAPAI UMY yang luar biasa semangatnya. Yang terpenting dalam kegiatan ini adalah kita dapat memperkuat solidaritas kita semua, baik antar sesama mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, mahasiswa dengan pimpinan dan lain sebagainya. Dan yang tidak kalah pentingnya selain yang sudah disampaikan oleh ketua HIMAPAI, sebetulnya konon katanya ada tujuan yang tidak tertulis. Dimana, tujuan itu adalah ini hari perpisahan dengan Ketua Program Studi yang ada saat ini. Insya Allah kedepan Anda akan dipimpin oleh Ketua Program Studi yang jauh lebih muda, yang jauh lebih semangat dan jauh lebih dinamis. Sekali lagi selamat, mudah-mudahan kegitan ini betul-betul membawa semangat kita menjadi lebih bersolidaritas antara sesama kita.”

Gathering yang dihadiri langsung Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dr. Ir. Gunawan Budianto, M.P., dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT bahwa,” Selama 2 tahun terakhir PAI UMY menunjukkan prestasi kemajuan yang sangat luar biasa dengan pengembangan Lab. Micro Teaching-nya dan tentunya tetap akan dikembangkan lagi walaupun sudah banyak yang mengatakan Lab. Micro Teaching-nya terbaik di semua prodi PAI, tapi itu bukan hal yang bisa membuat tekad Prodi PAI FAI UMY berhenti untuk selalu mengembangkan Lab. Micro Teaching-nya dengan mengadopsi tekhnologi yang paling baru karena kita sangat paham bahwa Micro Teaching itu sangat erat hubungannya dengan tekhnologi. Tidak hanya cukup puas disini. Artinya mungkin sekarang itu cukup bagus tapi 3 tahun – 4 tahun kedepan Lab. Micro Teaching kita ini bisa ketinggalan jaman. Suatu saat kita punya bayangan bagaimana anda-anda semua praktik mengajar di SD Muhammadiyah atau di Madrasah Ibtidaiyah, Kaprodi anda, dosen anda bisa memonior di kampus. Serta harapannya Mahasiswa juga bisa ikut menelaah, bisa ikut melihat prosesnya. Saya pikir kita membutuhkan dukungan jaringan internet yang sangat bagus dan itu kalau terjadi di PAI saya pikir 1 oran dosen bisa mengamati 10 mahasiswanya yang sedang praktek mengajar. Kalau program telekomunikasi sudah betul-betul bisa multi cover by android. Jadi mahasiswa dan dosen bisa berinteraksi lewat telpon yang dia bawa. Kelak PAI UMY akan menjadi PAI terbaik di Indonesia.” (D)