Juni 2010, Ditulis oleh Syarif As’ad

Sebagai institusi penyelenggara pendidikan, kinerja Fakultas Agama Islam UMY terus-menerus dievaluasi dan dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Nilai tersebutlah yang menjadi nilai akreditasi yang menunjukkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di institusi tersebut.

Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PAI FAI UMY) sebelumnya telah mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT. Sekarang, berdasarkan surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor. 004/BAN-PT/Ak-XIII/S1/V/2010), Prodi. PAI FAI UMY kembali memperoleh nilai Akreditasi A. Sedangkan  Prodi Muamalat Konsentrasi Ekonomi dan Perbankan Islam (EPI) yang sebelumnya mendapatkan akreditasi B, kini meningkat dengan predikat baru “A” (SK No: 004/BAN-PT/Ak-XIII/S1/V/2010),

Dalam surat yang tertanggal 27 Mei 2010 tersebut, Prodi PAI dan Prodi Muamalat Konsentrasi EPI FAI UMY masing-masing  memperoleh nilai 376 untuk Prodi. PAI dan nilai 369 untuk Prodi Muamalat Konsentrasi EPI, dari nilai penuh 400. Nilai ini dikategorikan sangat baik (A) dalam sistem akreditasi. Usaha-usaha dalam mencapai nilai tersebut memang tidak mudah, seluruh komponen dalam Program Studi ikut terlibat sehingga bersinergi dan menghasilkan nilai yang tinggi. Akreditasi tersebut diberikan selama 5 tahun hingga tanggal 27 Mei 2015. Diharapkan dengan nilai ini tidak membuat Prodi yang ada di Fakultas Agama UMY terlena, namun malah menjadi pemacu kinerja sehingga akreditasi berikutnya akan jauh lebih baik.