1Pemaparan yang diberikan oleh salah satu pemateri dari NET.Yogya, bagaimana menjadi seorang Jurnalist yang baik untuk sebuah stasiun Televisi, Senin (7/11) pagi hari.

BANTUL, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA – Ari Dwi selaku Video Jurnalist (VJ) dari NET.Yogya sedang memberikan materi kepada para peserta seminar jurnalistik, bagaimana menjadi seorang Video Jurnalist (VJ) yang baik dalam membuat, menentukan, mengedit foto atau video untuk sebuah stasiun televisi. Senin (7/11)

 

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), menyelenggarakan acara seminar jurnalistik yang menghadirkan beberapa praktisi dari NET.Yogya, salah satu stasiun televisi yang sudah banyak mewarnai dunia pertelevisian Indonesia. Acara tersebut terselenggara berkat hasil kerjasama dari pihak Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan pihak NET.Yogya itu sendiri. Tema yang dibawakan dalam seminar jurnalistik ini adalah “Profesi Jurnalistik di Era Digital.” Tujuannya adalah agar mahasiswa KPI pada khususnya dan untuk seluruh mahasiswa pada umumnya agar siap dengan segala tantangan zaman yang akan semakin maju dengan berbagai macam teknologi.

Peserta yang terdaftar dalam seminar ini terbilang sebanyak 121 peserta, dan yang hadir sebanyak 87 peserta. Sebagian besar peserta berasal dari mahasiswa prodi KPI, dan sebagian lagi berasal dari beberapa jurusan lain, karena memang acara ini adalah himbauan dari pihak prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) kepada mahasiswanya agar mampu melihat lebih tajam persaingan profesi di dunia Jurnalistik dan perfilman di era zaman yang serba digital, maka dikhususkan bagi mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), akan tetapi terbuka untuk seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan, tercatat beberapa peserta datang dari Ekonomi Perbankan Islam (EPI), Teknik Elektro, dan Ilmu Komunikasi.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang bertempat di gedung Pasca Sarjana, lantai empat, ruang Amphiteater ini berjalan dengan baik dan terkendali tanpa adanya hambatan yang berarti, ditambah dengan beberapa materi yang dibawakan oleh beberapa praktisi dari NET.Yogya seperti, Imanuel Sadnowo selaku Deputy Head of NET Yogyakarta Bureau, Ari Dwi selaku Video Jurnalist NET.Yogya dan Hanifa Putri selaku Reporter/ Presenter NET.Yogya, membuat para peserta yang hadir menjadi sangat antusias untuk mengikuti materi demi materi yang disajikan.

“Saya berharap teman-teman komunikasi UMY, bisa sukses dan berani bereksplorasi di dunia komunikasi, sehingga nanti kedepannya dapat berguna tidak hanya bagi dirinya sendiri atau kampusnya, tetapi juga bisa berguna untuk kemajuan dunia broadcast Indonesia,” pesan dari Imanuel Sadnowo selaku Deputy Head of NET Yogyakarta Bureau. (ICC Crew)