Setahun periode menjalankan program kerja, tiba waktunya suatu organisasi mempertanggungjawabkan dan melaporkan program kerja melalui kongres. Hal demikian juga dilakukan HIMEPI UMY yang mengadakan kongres Himpunan Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau disingkat Kongres HIMEPI UMY pada hari Minggu, 21 Mei 2017 pukul 07.00 – 22.00 WIB bertempat di ruang kuliah 005 gedung F6 UMY. Adapun susunan acara kongres yaitu Pembukaan; sambutan dari ketua panitia, ketua HIMEPI UMY, dan Kaprodi EPI; sidang pleno (tata tertib, laporan pertanggungjawaban Divisi dan BPH HIMEPI UMY, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, pemilihan ketua HIMEPI UMY).

Pembukaan dimulai dengan membaca Bismillah bersama-sama kemudian dilanjutan sambutan dari ketua panitia, ketua HIMEPI UMY, dan Kaprodi EPI. Syarif As’ad, S.E.I, M.SI. selaku Kaprodi EPI berkata, “Terimakasih kepada pengurus HIMEPI UMY periode 2016/2017 dan selamat bermusyarawah dalam kongres. Semoga terpilih ketua baru HIMEPI UMY yang membawa HIMEPI UMY lebih baik lagi dan memajukan prodi EPI yang terdepan dan mencerahkan.” Setelah sambutan, dilanjutkan sidang pleno yang terdiri dari 4 kali sidang.

Sidang pertama membahas tata tertib Kongres HIMEPI UMY. Kemudian dilanjutkan sidang kedua yaitu laporan pertanggungjawaban (LPJ) Divisi dan BPH HIMEPI UMY. LPJ Divisi dimulai dari Divisi PIPK, Kewirausahaan, Jaringan Media, Event Organizer, dan BPH. Semua LPJ diterima peserta kongres walaupun ada rekomendasi. Sidang ketiga membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) HIMEPI UMY. Peserta kongres merubah, mengurangi, dan menambah bab, pasal, dan ayat pada AD/ART sesuai kebutuhan. Sidang keempat pemilihan ketua HIMEPI UMY. Sebelum pemilihan dilakukan pengenalan calon ketua, penyampaian visi misi, debat visi misi, tanya jawab peserta ke kandidat.

Adapun calon ketua yaitu Sutrisno dari Divisi Event Organizer, Muhammad Othman Moerbayatma dari Divisi PIPK, dan Muhammad Agung Syahida dari Divisi Jaringan Media. Mereka saling mengenal diri dan menyampaikan misi. Setelah tanya jawab peserta ke kandidat dilanjutkan pemilihan ketua dengan mekanisme pemilu yang cara menyoblos gambar calon ketua di bilik suara kemudian perhitungan suara. Hasil perhitungan suara menentukan Muhammad Agung Syahida memperoleh suara terbanyak sehingga terpilih jadi ketua HIMEPI UMY periode 2017/2018. Acara dilanjutkan serah terima jabatan ketua HIMEPI UMY periode 2016/2017 oleh Muhammad Hasman kepada Muhammad Agung Syahida sebagai ketua HIMEPI UMY periode 2017/2018. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama. (Dena HIMEPI)