Patut disyukuri perkembangan ekonomi Islam sudah memasuki dekade ke empat di tingkat dunia,  dan memasuki dekade ketiga untuk  Indonesia sendiri. Sangat banyak dinamika yang terjadi dalam proses perkembangan ini, dan harus diakui bahwa masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan, baik dalam konteks teoritis, maupun praktis.

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan adalah mulai makin menjauhnya jarak antara teori dan kenyataan, sehingga menimbulkan ketidak puasan di berbagai pihak dan lapisan. Ketidakpuasan ini, bila terlalu lama dibiarkan dikhawatirkan akan menjadi ketidak percayaan (Iskan, D. 2011) dan akhirnya sikap apatis masyarakat. Bila ini terjadi, alangkah sia-sianya perjuangan selama ini yang sudah banyak memakan tenaga, pikiran, waktu biaya dan lain sebagainya.

“Jarak” yang sudah ada di atas, diperburuk ketika tidak adanya ‘jembatan’ yang baik antara praktisi dan teoritisi. Di satu pihak para praktisi terus berjalan dengan segala kendala dan [mungkin] pragmatisme yang menekan mereka. Di lain pihak, para peneliti melakukan penelitian yang [mungkin saja] jauh dari realitas yang dihadapi oleh para praktisi.

Berangkat dari fenomena di atas, maka Program Studi Ekonomi dan Perbankan Islam (EPI) FAI UMY bersama Pusat Pengembangan Ekonomi Islam (PPEI) FE UMY berinisiatif untuk melaksanakan lokakarya (workshop), sebagai ikhtiar awal dalam membangun jembatan atas ‘jurang’ yang sudah ada sejak beberapa waktu ini pada Senin, 27 Februari 2012 pukul 08.00 di Ruang Sidang Utama Gd. AR. Fakhrudin A Lt 5.

Harapan kegiatan ini adalah dapat menghimpun berbagai persoalan / masalah yang terjadi dalam industri keuangan Islam khususnya, dan perkembangan ekonomi Islam pada umumnya, Mengidentifikasi berbagai masalah tersebut dari berbagai cabang ilmu yang ada, Membangun jembatan antara teoritisi dan praktisi dalam rangka memecahkan berbagai masalah yang dihadapi serta mampu mengidentifikasi kerjasama penelitian antara teoritisi dan paktisi untuk memicu perkembangan positif, baik industri keuangan syariah khususnya, maupun ekonomi Islam pada umumnya.

Sekretariat : 0274 9303166

Cp. Publisitas 081328788554