D.I. Yogyakarta– Guna menambah wawasan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) angkatan 2015 terhadap produksi dan siaran radio. Mata Kuliah Teori dan Praktek Televisi dan Radio mengadakan kuliah lapangan ke Radio Republik Indonesia (RRI) Jum’at (6/10/2017) di Kantor Stasiun Pro 2 RRI Yogyakarta.

Ernal Rosa, Kepala Seksi Pro 2 mengaku, sangat senang kedatangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). “Datangke Pro 2 itu kami menganggapnya bukan sebagai tamu, melainkan bagian dari RRI Pro 2 Jogja, karena RRI adalah Rumah Rakyat Indonesia,” ujar Ernal.

“Yang perlu dilakukan radio komunitas adalah mengenal segmentasi, mampu mengelola program dengan konsisten sehingga program terkelola dengan baik. Juga memberdayakan masyarakat di sekitar lingkungan frekuensi siaran, guna dapat memberi manfaat pada publik,” tukas Ernal yang besar dari radio komunitas.

Harapannya, kunjungan ini bukan hanya mendapatkan pengalaman, dan berdiskusi saja. Namun juga dapat bekerjasama kedepannya. Seperti jika ada kegiatan yang bisa dilakukan bersama, seperti tugas pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM), sangat mungkin sekali disiarkan di Pro 2.“Sehingga program ini tidak berhenti ketika pulang, bahkan sangat mungkin untuk menindak lanjuti ke arah yang aplikatif,” sambung Ernal.

Ernal juga menerangkan, kerja profesi pada nilai kebaikan adalah jalan surga. “Komunikasi yang kita buat dengan baik dan kreatif, sehingga produksi kita diterima orang dan didengar terlebih mempengaruhi mereka. Itu adalah point penting yang sangat luar biasa untuk orang-orang komunikasi,” tuturnya.

Erlangga, sebagai peserta kunjungan menambahkan, kunjungan ini sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran dan dalam perkenalanke media. Juga sambutan yang hangat dari pihak RRI ketika mengatakan selamat pulang bukan selamat datang. “Kunjungan seperti ini seharusnya continue dilaksanakan dalam setiap mata kuliah, guna sebagai menambah wawasan mahasiswa tentang dunia penyiaran khususnya radio dan televisi,” tambah mahasiswa KPI tersebut

“Saya baru pertama kali kunjungan ke stasiun radio dan sangat memuaskan. Menambah wawasan tentang radio, karena selama ini saya mendengar radio lewat handphone. Tenyata cara kerja radio tidak mudah, kontennya juga bermacam-macam. Juga saya baru tahu kalau RRI mempunyai Apps mobile untuk streaming yaitu RRI Play,” ujar Sarah Ajrina, mahasiswi KPI 2015.

Rhavidilla Vebrynda, Dosen pengampu Mata Kuliah Teori dan Praktek Televisi dan Radio menerangkan, bahwa materi tentang radio memang mewajibkan kunjungan ke instansi atau media yang bersangkutan. Sedangkan kenapa memilih RRI Pro 2?“ Karena, salah satu contoh media publik, juga targetnya sesuai dengan kita di usia 12- 25 tahun,” jelas Dilla.

“Kunjungan ini diharapkan agar mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana kerja di media RRI.Harapannya, semakin terbuka pikiran mahasiswa mengenaiapasaja yang dikerjakan di Radio. Juga menambah pengetahuan, sehingga tidak hanya klasikal di kelas, tapijuga praktek secara langusung di lapangan,” ungkap Dilla. (Gustin /ICC Jurnalistik).