Yogyakarta.  Dalam satu rangkaian kegiatan, Malam Keakraban bagi mahasiswa baru Jurusan-Program Studi Ekonomi dan Perbankan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (EPI FAI UMY) tahun angkatan 2012 diselenggarakan bersamaan dengan agenda Bridging, kerjasama Prodi. dan HMJ EPI.   Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini (22-23/9/) diikuti hampir seluruh mahasiswa baru EPI yang didampingi oleh panitia dan tim pemandu yang terdiri dari 16 orang mahasiswa angkatan 2010 dan 2011 yang bertugas mengarahkan tidak hanya pada saat acara makrab saja, melainkan pada agenda bridging sebagai wahana mahasiswa baru mendapatkan pembekalan akademik

Bridging pada umumnya menjadi pangkal kegiatan akademik bagi sebagian besar mahasiswa baru khususnya di UMY, namun demikian kegiatan ini masih akan dapat berlanjut sampai pada tahap-tahap pendampingan oleh Dosen Pendamping (DP) yang telah ditunjuk oleh kepala Prodi.

Makrab dan Bridging yang diselenggarakan di kawasan pantai Parangtritis ini diawali dengan acara pembukaan oleh KaProdi yang diwakili M. Soba, S.EI sesaat setelah pelaksanaan sholat Isya secara berjamaah. M. Sobar menjelaskan, pentingnya sebuah awal yang baik bagi seorang mahasiswa untuk memantapkan niat dan motivasi diri pada arah masa depan yang jelas, karena bagi sebagian orang yang sudah terlanjur berkecimpung pada kehidupan sosial yang pada awalnya tidak memiliki tujuan, cara berfikir, sikap dan kualitas yang masih dipertanyakan akan menyesali apa yang sudah mereka kerjakan. Sehingga pentingnya seorang mahasiswa yang sudah memantapkan niatnya untuk menempuh studi di prodi EPI ini “jangan tanggung-tanggung” ungkapnya.

Salah satu rangkaian acara yang didesign untuk menumbuhkan minat belajar mahasiswa adalah motivasi “Sukses Belajar Perguruan Tinggi” yang disampaikan oleh Hilman Latief, M.A., Ph.D. Ia memaparkan pengalaman proses studinya mulai sejak S1 hingga mampu mencapai gelar Ph.D di negeri kincir angin Belanda, yang sebelumnya pernah ia selesaikan pula gelar S2nya di Indonesia dan Amerika, sedangkan acara berikutnya yaitu ; Sharing perkuliahan denagan kakak-kakak senior dan lanjutkan acara Pentas seni dan Api unggun. Adapun kegiatan yang mengisi acara ini;

1) menampilkan pentas seni per kelompok angkatan mahasiswa baru. 2 ) Menampilkan pentas seni dari kakak senior hingga pukul : 24.00 wib.

Pada pagi harinya; Minggu 23/9/12 di lanjutkan dengan acara sholat shubuh bersama,  dan di lanjutkan dengan acara Game untuk memulihkan kebugaran yang di pandu langsung dari:  CDC UMY yang bertempat di lapangan penginapan Hanoman pula.  Setelah pukul: 07.30 mandi dan sarapan pagi, dan di lanjutkan dengan Game yang ke-2 yang berlokasi di sekitar pesisir pantai. Kemudian kembali di penginapan dan di lanjutkan dengan acara pemilihan ketua angkatan 2012. pada kesempatan itu terpilih Sdr. Mulyadi sebagai ketuanya. yang kemudian di lanjutkan acara pembagian hadiah pentas seni dan penutupan, pulang menuju kampus.