10006028_919030538107260_7272834596212611713_o

kunjungan mahasiswa KKI UMY ke Universitas YARSI

129 mahasiswa Komunikasi Konseling Islam (KKI) bertolak ke Jakarta, pada senin (12/5). Perjalanan tersebut dilakukan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi mahasiswa KKI angkatan 2012 dan 2013.

Alfis Khoirul Khisoli yang merupakan Kepala Laboratorium KPI/KKI menerangkan tujuan dari kegiatan KKL ini. “Komunikasi Konseling Islam adalah merupakan program studi pengalihan konsentrasi dari semula Komunikasi Penyiaran Islam atau KPI. Karena itulah, kegiatan KKL ini kemudian disusun dalam rangka penyempurnaan diri dengan konsentrasi baru, yakni konseling.” Terangnya.

Rangkaian KKL ini dimulai dengan melakukan kunjungan ke Fakultas Psikologi Universitas YARSI Jakarta, selasa (13/5). Kunjungan ini bertujuan untuk melihat dan mempelajari sistem pembelajaran yang diterapkan di fakultas tersebut. Selain itu, mahasiswa KKI juga diperlihatkan standar laboratorium psikologi yang dimilki YARSI.

Selanjutnya, para peserta KKL ini melakukan studi banding ke KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, rabu (14/5). Berbincang dengan ketua HMJ (Himpunan Mahasiswaa Jurusan) KPI yang ada di UIN Syarif Hidayatullah, mahasiswa KKI UMY membandingkan sistem yang ada di antara masing-masing HMJ.

Sebagai penutup dari kegiatan KKL mahasiswa KKI UMY mengunjungi Metro Tv. Dari kunjungan ini peserta KKL dapat menyaksikan secara langsung bagaimana pembuatan sebuah program televisi. Dalam hal ini, mahasiswa mengikuti proses pembuatan acara Kick Andy yang dipandu oleh Andy F. Noya. (Iim Halimatus sa’diah)