Liburan Semester Lebih Berarti

Juni 25, 2011 oleh :

Bebas dari berbagai aktivitas perkuliahan, bagi sebagian mahasiswa tentu akan dimanfaatkan untuk berlibur, baik pulang ke daerah asal maupun berkunjung ke tempat saudara untuk menghabiskan masa liburan semester mereka. Namun berbeda halnya bagi sebagian mahasiswa lainnya yang lebih tertantang untuk memanfaatkan masa libur semester ini untuk tidak putus sama sekali dengan aktivitas kampus dan kegiatan positif lainnya.

Maka dari itu, Kesempatan yang diberikan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) bagi para mahasiswanya adalah mengisi waktu senggang disela-sela semester genap sampai semester gasal nanti adalah proses pemagangan bagi mahasiswa semester VI akhir, disamping juga penyelenggaraan semester pendek (SP) bagi mahasiswa lainnya yang sengaja ingin menempuh mata kuliah baru ataupun upaya perbaikan akademik dengan mengikuti perkuliahan SP tersebut.

Kesempatan Magang bagi mahasiswa akan sangat membantu bagi mahasiswa peserta magang, terutama bagi mereka yang sudah hampir memasuki semester ke VII, karena dalam hal ini, magang yang seharusnya dilaksanakan pada semester Gasal dapat diajukan waktunya pada masa liburan ini.

Pihak FAI UMY mengambil inisiatif pelaksanaan magang pada masa libur semester agar mahasiswa peserta magang, pada semester gasal nanti tidak disibukkan lagi dengan kegiatan magang, sehingga pemanfaatan waktu bagi mereka dapat digunakan untuk menekuni penelitian akhir (skripsi) dan pendalaman materi pilihan sesuai program studi masing-masing.

Masing-masing Program Studi (Prodi.), yaitu 1) Prodi. Komunikasi Islam menyelenggarakan praktik pengalaman lapangan (PPL) yang berorientasi pada lembaga media masa, seperti media cetak dan elektronik; 2) Prodi. Pendidikan Agama Islam menempatkan mahasiswanya pada Sekolah Menengah Atas dan tentu pada kelas-kelas yang sesuai dengan konsenterasi, yakni Pendidikan Agama Islam (Islamic studies); 3) Prodi. Ekonomi dan Perbankan Islam, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk ikut andil pada lembaga perbankan syariah baik yang berada di Yogyakarta maupun di luar yogyakarta.