Senat Mahasiswa FAI UMY

Senat Mahasiswa  Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (SM FAI UMY) Рmerupakan lembaga internal yang berada di Fakultas Agama Islam. SM FAI merupakan lembaga legislatif ditingkatan fakultas dan merupakan tangan kanan dekan FAI dan juga sebagai penyambung lidah mahasiswa dengan pihak dekanat dalam menyampaikan aspirasi-aspirasi yang ingin disampaikan mahasiswa kepada pihak dekanat demi mewujudkan FAI yang maju dan demokratis. Dalam hal ini adanya dialok fakultas sebagai media menyampaikan aspirasi mahasiswa serta program-program lainny yang bersifat menampung aspirasi mahasiswa.

SM FAI selain mediator untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa juga sebagai lembaga pengontrol atas kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak dekanat maupun universitas yang bersifat kurang berpihak kepada mahasiswa. Selain itu SM FAI juga sebagai fungsi kontrol setiap lembaga yang ada di FAI UMY khususnya BEM FAI demi terwujudnya dan terrealisasinya program-program yang telah direncanakan .

Dalam hal ini SM FAI menjalankan ranah kerjanya dengan membagi dua aspek. Pertama: bidang internal;  yang bertugas menampung aspirasi mahasiswa FAI dan sebagai mediator antara mahasiswa dengan pihak dekanat. Dan kedua: bidang eksternal; sebagai lembaga eksternal secara otomotis lembaga ini berhubungan dengan urusan yang berada diluar fakultas agama islam dalam hal ini menjalin kerja sama dengan pihak BEM Universitas dalam mengotrol kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan universitas.

Oleh sebab itu sosok yang duduk sebagai anggota SM FAI adalah orang-orang yang diharapkan betul-betul dapat mewakili mahasiswa FAI dalam merealisasikan aspirasi mahasiswa sebagai bentuk tanggung jawab dan amanah yang diemban.