IMM Komisariat FAI UMY

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) – merupakan bagian dari angkatan muda muhammadiyah yang memiliki posisi strategis dalam rangka membangun tradisi pembaharuan Muhammadiyah, dengan basis kekuatan yang berada di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, salah satunya di Fakultas Agama Islam. IMM merupakan organisasi otonom yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kader-kader akademis di masa depan. IMM mempunyai tujuan, yaitu : terbentuknya akademisi muslim  yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan muhammadiyah.

IMM berdiri pada tanggal 14 Maret 1964 M bertepatan dengan tanggal  dengan tanggal 29 syawal 1384 H di Yogyakarta. Ada tiga karakteristik dasar IMM dalam tinjauan ruang geraknya yang dikenal TRILOGI IMM yaitu : Intelektualitas, Religiusitas ,dan  Humanitas. Aspek-aspek inilah yang akan senantiasa mewarnai kompleksitas dinamika kegiatan IMM, diantaranya: IMM secara rutin mengadakan kajian-kajian yang membahas tentang berbagai isu / fenomena sosial-keagamaan, politik, ekonomi maupun budaya yang sedang marak diperbincangkan sabagai wadah bagi para anggotanya untuk membantu meningkatkan intelektualitas dan religiusitas di luar kegiatan perkuliahan.

IMM Komisariat FAI memiliki beberapa desa binaan tersebar di beberapa tempat di Yogyakarta dan sekitarnya yang bertujuan untuk melatih para anggota untuk meningkatkan kepekaannya terhadap lingkungan masyarakat sekitar terutama yang lebih membutuhkan, baik tenaga, pikiran, maupun materi. Semuanya ini diharapkan dapat membantu para anggotanya dalam membentuk pribadi yang mempunyai life skill untuk membantu mahasiswa/i dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang tidak hanya dengan mengandalkan IP (Indeks Prestasi). Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa IMM harus ada di FAI UMY.