HIMEPI (Himpunan Mahasiswa Ekonomi Perbankan Islam)

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Perbankan Islam FAI UMY – adalah bagian kecil dari semangat penegakan konsep ekonomi syariah yang selama ini hampir terlupakan, namun namun beranjak dari cita-cita yang kecil pula kami berlahan naik mengantarkan dan mengikuti Perkembangan ekonomi syariah yang hingga saat ini sedemikian pesatnya, terutama setelah terjadinya krisis global yang telah membuktikan akan rapuhnya system ekonomi kapitalis, semakin memperbanyak lembaga-lembaga keuangan syariah yang bermunculan. Mulai dari perbankan, asuransi, penggadaian dan lain sebagainya. Ini menjadi salah satu indikasi kesadaran masyarakat akan kebutuhan lembaga keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah. Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) ini haruslah diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan SDM yang benar-benar mempunyai kapabilitas yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Disinilah salah satu yang mendasari berdirinya jurusan Ekonomi dan Perbankan Islam.

Disamping pembelajaran melalui perkuliahan, maka diperlukan juga penunjang untuk lebih mematangkan keilmuan mahasiswa melalui berbagai kegiatan yang dapat menunjang keilmuan tersebut. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Perbankan Islam (HMJ EPI) bertugas mengawal Program Studi EPI melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan secara independen maupun kerjasama (partnership) guna memenuhi aktivitas positif kemahasiswaan.

HMJ EPI adalah sebuah lembaga intra kampus yang menjadi wadah bagi mahasiswa EPI untuk berwacana dan berdialektika dalam sebuah organisasi. HMJ EPI merupakan salah satu sarana perwakilan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi mahasiswa kepada pihak jurusan maupun fakultas. Semua program-program yang ada dalam HMJ EPI di peruntukkan bagi seluruh mahasiswa EPI UMY. HMJ EPI mempunyai dua departemen yaitu internal dan eksternal. Departemen internal bergerak dalam ruang lingkup kampus khususnya Prodi EPI sendiri, dan departemen eksternal yang mengelola aktivitas di luar Prodi EPI, serta membangun jaringan dengan lembaga terkait.

Dalam HMJ EPI semua kegiatan bertumpu pada tujuan dari Prodi Ekonomi dan Perbankan Islam, yaitu segala hal yang dapat menunjang keilmuan mahasiswa terkait dengan ekonomi islam terutama dalam konsentrasi perbankan Islam. Kegiatan tersebut berupa diskusi, pelatihan-pelatihan dan seminar maupun kegiatan-kegiatan lain seputar ekonomi Islam. Sebagai salah satu kelompok pegiat ekonomi Islam, HMJ EPI juga turut berperan dalam mengkampanyekan semangat penerapan ekonomi Islam pada masyarakat dengan mengadakan seminar yang terbuka untuk umum dan kompetisi seputar ekonomi Islam.