GUNUNGKIDUL IPICOM – Dalam rangka menyambut Hari Raya Qurban, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan sosialisasi dan pelatihan qurban bertemakan  “Qurban Berkah dan Sehat”. Bertempat di Gedung Korwil Bidik kecamatan Girisubo, cara tersebut menghadirkan praktisi penyembellihan qurban syar’i Anant Wibowo, Ahad (04/08).

Dalam kesempatan tersebut Anant menyampaikan materi penyembelihan hewan qurban secara baik dan syar’i. Dalam memperlakukan hewan haruslah juga menggunakan sifat ikhsan, terutama hewan qurban.

“Yang pertama adalah sifat ikhsan kita dengan menajamkan pisau, ikhsan kita juga kepada hewan qurban saat merobohkan sapi, merobohkan sapi harus berbuat ikhsan, lalu yang ketiga yaitu ketika menyembelihnya”katanya.

Anan juga mengingatkan bahwa dalam memperlakukan hewan qurban jangan semena-mena, seperti yang banyak terjadi saat proses penyembelihan berlangsung. Banyak kejadian hewan qurban yang diperlakukan tidak baik sehingga membuat takut dan menimbulkan beberapa kejadian seperti sapi mengamuk, hal ini membuat Anant prihatin.

Dalam praktek penyembelihan hewan qurban, Pengasuh Ponpes Usia Senja Gua Hiro tersebut menyampaikan bahwa hanya memerlukan 1 sampai 2 detik saja dalam menyembelih qurban. Menurutnya semakin cepat dalam menyembelih semakin baik, namun juga didasari dengan kemampuan yang mumpuni dan persiapan yang matang, seperti menggunakan pisau yang tajam dan berkualitas.

Selain itu pada akhir acara beliau memperlihatkan proses-proses penyembelihan hewan qurban yang pernah dipraktekkan, ada beberapa video penyembelihan qurban yang menarik seperti penyembelihan sapi tanpa diikat.