Divisi Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Kemahasiswaan (PIPK) HIMEPI UMY mengadakan Diskusi Umum dengan tema “Hotel Syariah di Indonesia” dengan pemateri Ayif Fathurrahman, S.E., M.Si. bertempat di Ruang 104 Gedung H UMY pada hari Sabtu, 16 April 2017 pada pukul 15.00 – 17.00 WIB. Diskusi umum berisi pemaparan materi oleh pemateri kemudian dilanjutkan tanya jawab antar peserta maupun dengan pemateri.

Tema “Hotel Syariah di Indonesia” diangkat pada Diskusi Umum karena pariwisata syariah adalah peluang bagi pasar orang muslim sendiri dengan berbasis syariah. Hotel syariah merupakan  hotel dengan konsep syariah islam, yaitu hotel yang menerapkan syariah dalam agama Islam ke dalam operasional hotel. Dan juga mengelola manajemen dengan syar’i. Kehadiran hotel syariah dengan konsep syariah ini mengurangi image masyarakat dalam menjadi tujuan atau tempat maksiat. Maka peraturan-peraturan yang dijadikan acuan untuk menjalankan operasionalnya adalah hukum syariat islam. “Di hotel syariah secara umum juga terdapat hal-hal yang ada di hotel konvensional lainnya seperti tentu saja kamar yang secara hotel bintang, restaurant. Namun, perbedaannya adalah sebagai berikut; hotel syariah memiliki fasilitas mushola/ masjid, kumandang adzan ketika waktu sholat tiba, restaurant menyediakan makanan yang halal, memilki sertiikat halal dari MUI dll. Jadi, pada prinsipnya hotel dengan konsep syariah menjalankan ketentuan-ketentuan sesuai dengan syariat  islam serta ketentuan yang ditetapkan oleh MUI.”, kata Fathurrahman, S.E., M.Si.

Pemateri mengambil contoh potensi bisnis hotel syariah di kota bandung cukup besar. Namun, pengusaha enggan memiliki bisnis ini karena sedikitnya minat konsumen terhadap hotel syariah seharusnya pemerintah melalui kementrian pariwisata meningkatkan sosialisasi standar hotel ini agar masyarakat mengetahui kelebihan hotel syariah. (Dena – HIMEPI)