RSJMagelang- “Dalam kunjungan ini saya harap teman-teman dari Komunikasi Konseling Islam (KKI) ini bisa memahami satu bahasa universal yaitu, empati” terang Very Julianto dalam sambutannya.

Very Julianto selaku dosen Psikologi Klinis mengajak mahasiswa KKI berkunjung ke Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang (26/11). Sebagaimana Very sampaikan dalam sambutannya, tujuan dari kunjungan sehari ini adalah untuk memahamkan mahasiswa KKI terhadap satu bahasa universal yaitu, empati. Hal itu kemudian diamini oleh Dr. Mita perwakilan dari pihak RSJ Prof. Dr. Soerojo bahwa sebagai mahasiswa konseling, mereka diharuskan untuk dapat menjadi lakon preventif dan promotif kesehatan jiwa di masyarakat.

Setelah diberi beberapa pengarahan oleh pihak RSJ Prof. Dr. Soerojo, mahasiswa KKI angkatan 2012 kemudian diajak untuk mengikuti kegiatan rehabilitasi di bangsal rehabilitasi. Pagi itu kegiatan rehabilitasi diisi dengan pengajian untuk pasien wanita. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan fitrah keberagamaan mereka.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke bangsal secara berkelompok. Setelah berbincang dengan perawat, setiap kelompok diberi satu nama pasien untuk kemudian diwawancarai. Wawancara ini dilakukan sebagai praktek konseling yang telah dipelajari dikelas.

Kegiatan ini diakhiri dengan berkelilling RSJ Prof. Dr. Soerojo. Mahasiswa diperlihatkan bangsal-bangsal yang ada di situ. Mereka juga diperlihatkan beberapa hasil kerajinan yang dibuat oleh pasien. Seperti diterangkan oleh Dr. Mita, bahwa RSJ Prof. Dr. Soerojo ini menggunakan pendekatan biologis, psikologis dan spiritual dalam pengobatannya.

“pasien dibekali beberapa keterampilan, agar ketika mereka pulang, mereka dapat melakukan sesuatu” terang Mita. (Iim Halimatus sa’diah)