The 5th International Conference on Research In Islamic Education & Arabic Language 2018 (ICRIALE 2018) telah dilaksanakan pada tanggal 24-26 Januari 2018 di Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB), Brunei Darussalam. PAI FAI UMY mengutus enam orang dosen untuk mengikuti Konferensi Internasional tersebut. Lima dosen ikut mengirimkan paper dan mempresentasikannya dan satu dosen sebagai partisipan. Kelima Dosen tersebut adalah Dr. Abd. Madjid, M.Ag., Naufal Ahmad Rijalul Alam, M.A., Sadam Fajar Shodiq, M.Pd.I., Ratna Sari, M.Psi., dan Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum. Adapun satu dosen partisipan yaitu Drs. Yusuf A. Hasan, M.Ag. Tema Konferensi internasional tahun ini adalah “Transforming Islamic Education in Embracing Industry 4.0 Era”.

ICRIALE 2018 ke-5 diselenggarakan untuk memberi kesempatan bagi akademisi, peneliti, pakar dan mahasiswa untuk berbagi pendapat dan temuan penelitian yang berkaitan dengan Pendidikan Islam dan Bahasa Arab. Upaya ini merupakan inisiatif yang harus diupayakan agar Pendidikan Islam dan Bahasa Arab selalu relevan untuk menghadapi tantangan baru di era baru Industri 4.0. Pendidikan Islam telah memberikan dasar dan prinsip-prinsip nilai yang dimiliki oleh setiap Muslim. Pertarungan besar di Industri 4.0 harus dihadapi dan kita juga harus memberikan solusi yang realistis dan praktis.

Adapun paper yang dibawa dan dipresentasikan oleh dosen PAI FAI UMY pada Konferensi Internasional diantaranya : Ratna Sari, M.Psi., dengan judul paperLearning Method to Cultive Islamic Values in Muhammadiyah Kindergarten in Yogyakarta”, Sadam Fajar Shodiq, M.Pd.I., dengan judul paperStudent Management at Muhammadiyah Senior High School in Yogyakarta A Philosophy of Contemporary Islamic Education”, Naufal Ahmad Rijalul Alam, M.A., dengan judul paperStrengthening Of Leadership Culture : The Role Of Kyai In Indonesian Pesantren”, Dr. Abd. Madjid, M.Ag., dengan judul paperFull Day School Policy: Lessons From Indonesia Islamic School”, Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum dengan judul paper :  “دور مهارة الاستماع وتطبيقاتها في تدريس اللغة العربية لغير الناطقين بها من خلال كتاب ” سلسلة”  تعليم اللغة العربية (An, OM)