Divisi Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Kerohanian dan Kemahasiswaan (PIPKK) Himpunan Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Islam (HIMEPI) UMY telah menyelenggarakan kegiatan Diskusi Umum bertajuk “Tips Berkarir di Bank Syariah” pada Rabu, 22 November 2017, pukul 09.00-12.00 WIB bertempatan di Gedung F6, Lt.2, Ruang Sidang Fakultas Agama Islam UMY.

Bertindak sebagai pembicara, Jujun Gumilar S.E.I. merupakan seorang praktisi perbankan, yang bekerja di Kantor Pusat Bank Muamalat Jakarta. Perlu diketahui pula bahwa Jujun merupakan alumni Prodi Muamalat konsentrasi Ekonomi dan Perbankan Islam (EPI) FAI UMY tahun 2009.

Diskusi Umum yang bertujuan untuk sharing pengalaman serta tips berkarir didunia kerja terkhusus perbankan syariah ini dimoderatori oleh Rozikan S.E.I., M.S.I.

Dalam penyampaiannya pada Diskusi tersebut, Jujun mengemukanan beberapa tips agar dapat sukses di dunia kerja, khususnya pada Perbankan Syariah. Jujun mengemukanan “agar dapat terjun ke dunia kerja terkhusus pada perbankan syariah, maka sedari sekarang semuanya harus dipersiapkan, seperti semangat dalam menimba ilmu di bangku kuliah dan belajar dengan minat yang tinggi, serta jangan pernah mengeluh atau merasa salah jurusan, akan tetapi cobalah untuk menerima apapun keputusan yang telah anda buat, yakni dengan bertanggungjawab secara penuh atas apa yang telah anda ambil, seperti halnya jurusan yang saat ini kalian ambil.”

Selanjutnya Jujun menambahkan, “Selain itu diperlukan mental yang cukup kuat, oleh karena itu kuatkan aspek pisikis untuk menghadapi permasalahan yang timbul dalam lingkungan belajar maupun tempat tinggal serta bergaullah dengan orang-orang yang mempunyai kualitas pribadi yang baik.”

Lebih lanjut Jujun memberikan saran, “alokasikan sebagian dana untuk mengikuti program pelatihan hard skill/softskill dan sertifikasi setelah lulus.

Pesan yang disampaikan oleh Jujun pada akhir sesi Diskusi Umum khususnya untuk Mahasiswa Prodi. Muamalat, EPI FAI UMY, “Mau menjadi apapun kalian, kalian harus tetap fokus terhadap apa yang kalian cita-citakan, maka Insya Allah nantinya kalian akan sukses”. (Tirta HIMEPI, D).