Rabu 27 September 2017 , pukul 08.00- 12.00  bertempat di Lobby Barat Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah diselenggarakan salah satu Program kerja  dari divisi SOSMAS ( Sosial Masyarakat) HIMA PAI UMY  yaitu acara Donor Darah dengan mengusung tema “ Setetes darahmu, Menyambung Nyawa Orang lain” . Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah Menciptakan rasa peduli dan tanggap terhadap sesama . Acara ini bekerjasama dengan PMI (Palang

Merah Indonesia) Unit Kabupaten Bantul . Faisal Rizal Dahlan selaku ketua pelaksana acara mengatakan “Acara berjalan cukup lancar, dengan konsep sederhana  namun dapat menarik hati para pendonor dan ternyata acara ini dapat melebihi target” Jumlah pendaftar kurang lebih 96 orang, namun setelah di cek Hb, berat badan, dll, darah yg terambil secara baik berjumlah kurang lebih 28 orang. Muhammad Fallerienzo peserta dari jurusan  FPB mengatakan “ Ini petama kalinya saya donor darah,  dengan mendonorkan darah ternyata tubuh saya terasa lebih enak. Acara ini sangat bagus dan kalau bisa ketersediaan waktu diperpanjang melihat sangat antusiasnya para peserta yang ingin mendonorkan darah”. Amirul Kufuwan Natzif salah seorang peserta dari Prodi PAI juga mengatakan “ Acara ini sangat bagus, kami bisa berbagi dan darah kami bisa berguna bagi orang lain”. Dapat kita lihat bahwa acara donor darah hari ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat lingkup luar maupun lingkup dalam. Dengan adanya acara ini, diharapkan setiap orang dapat berkontribusi dalam  bentuk kepedulian terhadap sesama menyelamatkan dan  menolong setiap nyawa manusia  . Seperti dalam Firman Allah SWT :

“Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akann mendatangkannya (membalasnya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui”(Q.S Luqman: 16).

Dalam Hadits HR. Muslim

Allah akan  menolong seorang hamba, selama hamba itu senantiasa menolong saudaranya