Seminar kewirausahaan yang menjadi salah satu agenda Himpunan Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Islam (HIMEPI) UMY dilaksanakan pada hari Selasa, (14/02/2017) pukul 07.00 WIB – 11.50 WIB bertempat di Ruang Sidang Gedung AR Fachruddin B Lantai 5. Tema acara ini “Muda berkarya Muda Berwirausaha” dan pembicara seminar kewirausahaan yaitu Teguh Sunaryo, S.Fil., M.A.P. dan Endah Susetyo Indriyanti, S.E., M.M.

Seminar Kewirausahaan adalah ajang bagi seluruh Mahasiswa Ekonomi Perbankan Islam khususnya dalam mewujudkan wirausaha yang lebih produktif. Dengan diadakannya Seminar Kewirausahaan, menjadikan mahasiswa akan lebih memiliki nilai ilmu tambah dan juga proses pembelajaran terkait dengan berwirausaha. Rasulullah pernah bersabda didalam Hadis-Nya: Menuntut ilmu itu wajib bagi kaum Muslimin dan Muslimat.

Kegiatan ini juga tidak lepas dari progam Prodi Ekonomi dan Perbankan Islam dalam mendidik mahasiswanya dan mencetak kader-kader wirausahawan yang berkompeten dikemudian hari selain mencetak para perbankan Islami. Acara ini lebih bersifat layaknya seminar sehingga dapat terlihat mahasiswa-mahasiwa yang integritas serta aktif seksama menyimak materi yang disampaikan. Antusias mahasiswa yang ikut sangat bagus terlihat dari banyaknya peserta yang ikut.

Kegiatan ini mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut :

  1. Mengembangkan potensi akademik mahasiswa EPI FAI UMY
  2. Membentuk mahasiswa yang kreatif dalam berwirausaha yang berbudaya tinggi dengan iman dan taqwa.
  3. Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam meningkatkan kreatifitas
  4. Melatih sikap berkomunikasi, toleransi dan loyalitas terhadap suatu tanggung jawab pembinaan mental dan moral.
  5. Mengajarkan mahasiswa agar dapat berexplorisasi bakat mereka dalam berwirausaha. (Dena-HIMEPI)