Yogyakarta – Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Masa Taaruf mahasiswa baru 2019, Senin – Rabu (26–28/8/19)

 

Senin – Rabu (26–28/8/19) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FAI UMY) menyelenggarakan Masa Taaruf (Mataf) untuk mahasiswa baru 2019 – 2020. Kegitan ini dilaksanakan di Besmen Gedung Admisi. Kegiatan Mataf dilakukan selama tiga hari, hari pertama Mataf Universitas yang dilaksanakan di Gedung Sportorium UMY. Sedangkan untuk Mataf hari ke-2 dan ke-3 diserahkan pada pihak Fakultas dan Program Studi.

Tujuan dari diadakannya Masa Taaruf untuk mahasiswa baru adalah sebagai bentuk pengenalan kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada khususnya, pengenalan fakultas dan program studi yang telah dipilih oleh mahasiswa baru, serta sebagai awal untuk memperkenalkan dunia mahasiswa sesungguhnya. Untuk tujuan diadakannya Masa Taaruf FAI 2019 yang mengangkat tema “Optimalisasi Potensi Guna Menumbuhkan Cendikiawan yang Berintegritas” adalah untuk membangun barisan akademis di FAI, memperkenalkan lembaga-lembaga kemahasiswaan intra FAI, dan menjalin keakraban antar mahasiswa, baik mahasiswa lama maupun mahasiswa baru.

Pada tahun 2019 FAI UMY mengangkat tema Mataf berupa “Cendikiawan Berintegritas” dengan lambang roket. Tema ini diangkat dengan alasan berupa keinginan mencetak bibit-bibit cendikiawan yang memiliki integritas tinggi. Dengan begitu mahasiswa/i tersebut kelak akan berguna untuk masyarakan maupun bangsa dan negara. Lambang roket merupakan harapan yang dijadikan sebagai dasar agar mahasiswa baru kelak akan mengudara dengan segenap prestasinya keseluruh penjuru dunia. Aktif dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat dan aktif dalam setiap kompetisi.

“Yang ditonjolkan di Mataf tahun ini yaitu krakteristik kita sebagai mahasiswa FAI yaitu berilmu, berakal dan berakhlak mulia guna terciptanya para cendikiawan yang berintegritas,” ujar Ilmi Mu’min Musyrifin selaku ketua umum mataf FAI 2019.

Persiapan yang dilakukan untuk masa taaruf mahasiswa baru 2019 selama tiga bulan dengan total panitia dan pemandu sebanyak 96 orang. Untuk panitia masa taaruf di FAI menggunakan sistem deligasi. Hal ini dimaksudkkan untuk menjaga silaturahmi antar lembaga di KM FAI UMY.

“Maba tahun ini lebih gampang diatur, jadi masalah disiplin mereka lebih taat dari tahun sebelumnya. Untuk masalah nyanyi-nyanyi kurang rame, lebih rame tahun sebelumnya,” ujar Muhammad Raihan selaku tim keamanan masa taaruf FAI 2019.

Masa Taaruf mahasiswa baru Fakultas Agama Isalm 2019 disambut hangat oleh teman-teman mahasiswa baru 2019. Antusias mahasiswa baru tinggi dalam mengikuti kegiatan masa taaruf 2019 yang dilaksanakan selama tujuh hari terhitung mulai dari teknical meeting, jelajah kampus, koreo fakultas, koreo universitas, dan tiga hari kegiatan masa taaruf.

“Mataf ini keren, membangun karakter-karakter yang terpendam di maba. Di FAI lebih menonjolkan ke Islamannya di bandingkan fakultas lain yang menonjolkan prodinya,” ujar Tri adi S sebagai mahasiswa baru program studi Ekonomi Syariah 2019.

Dalam kegiata masa taaruf 2019 ini tidak begitu banyak kendala yang berarti. Hanya adanya miss komunikasi antara pemandu, panitia, dan juga mahasiswa barunya. Kegiatan ini berjalan sesuai dengan apa yang telah dipersiapkan oleh panitia.

“Alhamdulillah untuk tahun sekarang lebih terarah ya, untuk acaranya tepat waktu, gak molor-molor, sistematis, sesuai raundown acaranya, dan gak ngaret,” ujar Arafi Jihad Al-Khafi selaku Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa FAI 2019 – 2020.

“Harapannya ya semoga para mahasiswa baru 2019 ini bisa memberikan warna baru terhadap FAI dan bisa menyalurkan pemikiran-pemikiran briliannya untuk fakultas tercinta ini,” ujar Ilmi Mu’min Musyrifin. (FM)