Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  (FAI-UMY) bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (HIMA PAI) telah menyelenggarakan Bridging untuk mahasiswa baru PAI 2017 pada hari Sabtu sampai Ahad, 11-12 November 2017 berlokasi di Ruang Aula Student Center UMY dengan tema Building a bridge to the successful student at University”.   Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas serta mengenalkan mahasiswa baru PAI FAI UMY tentang Visi Misi PAI, tata cara penulisan KTI yang baik dan benar dan terhindar dari plagiatisme, cara belajar efektif, cara berkomunikasi yang baik, dan cara bagaimana meraih beasiswa.

Kegiatan ini dimulai pada hari Sabtu, 11 November 2017 pukul 07.30 sampai 17.00 WIB. Acara yang pertama yaitu sambutan dari Dekan Fakultas Agama Islam yaitu ibu Dr. Akif Khilmiyah, M.Ag. sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bridging Mahasiswa PAI angkatan 2017. Selanjutnya memasuki materi yang pertama yaitu Pengenalan Prodi PAI yang disampaikan oleh bapak Sadam Fajar Shodiq, M.Pd.I selaku Sekretaris Program Studi PAI FAI UMY. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yaitu Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Tips menghindari Plagiatisme yang disampaikan oleh ibu Novi Diana Fauzie dari perpustakaan Pusat UMY. Materi yang ketiga yaitu Scholarship Hunting, memaparkan info tentang cara meraih beasiswa dan peluang beasiswa yang disampaikan langsung oleh bapak Naufal Ahmad Rijalul Alam, M.A. selaku Ketua Program Studi PAI FAI UMY. Materi keempat yaitu Effective Learning yang disampaikan oleh bapak Drs. Syamsudin, M.Pd beliau merupakan salah satu dosen PAI FAI UMY, dan materi yang terakhir yaitu Communication Skill yang disampaikan oleh bapak Yusuf A. Hasan, M.Ag beliau pun merupakan salah satu dosen PAI FAI UMY. Setelah semua materi tersampaikan, acara selanjutnya adalah pemutaran video yang telah dibuat oleh para mahasiswa PAI 2017 dimana pembuatan video itu merupakan salah satu lomba yang diadakan oleh HIMA PAI FAI UMY.

Kegiatan bridging dilanjut pada hari Ahad, 12 November 2017. Acara pada hari Ahad yaitu Softskill-Outbond yang bertempat di Lapangan Bintang UMY. Outbond dilaksanakan dari pukul 07.30-10.30 WIB dengan diisi berbagai permainan yang melatih kekompakan, kesabaran dan kerjasama. Tujuan adanya kegiatan outbond ini agar seluruh mahasiswa PAI angkatan 2017 bisa lebih saling mengenal satu sama lain. Setelah selesai outbond, acara selanjutnya adalah kumpul dengan DPA (Dosen Pembimbing Akademik) masing-masing mahasiswa yang bertujuan untuk perkenalan setiap DPA dengan mahasiswa dan juga untuk memupuk komunikasi dan koordinasi baik selama waktu perkuliahan berjalan sampai lulus. Waktu kumpul dengan DPA adalah sekitar 30 menit, setelah itu ada pembagian hadiah untuk kelompok mahasiswa yang aktif,  kompak dan juga kelompok yang terbaik dalam pembuatan video. Selesai semua pembagian hadiah, kegiatan bridging PAI 2017 ditutup secara resmi oleh Ketua Program Studi PAI FAI UMY.

Dan kegiatan ini akan selalu diadakan oleh Prodi PAI setiap tahunnya untuk menambah wawasan serta mempererat kekeluargaan antar mahasiswa dan dosen PAI FAI UMY. (HIMAPAI FAI UMY)