Berbagi Dengan Sesama Melalui Sahur on The Road

Sahur  Rabu dini hari (17/7) puluhan orang menggunakan sepeda motor menyusuri kota Jogja sembari berhenti membagikan makanan pada siapa saja yang ada di jalanan kota yang telah sepi. Aksi itu dilakukan oleh panitia acara Sahur on The Road yang merupakan agenda Ramadhan Di Kampus (RDK) UMY. Tidak kurang 300 makan sahur dibagikan secara cuma-cuma dalam acara itu.

Sahrul Ramadhan selaku ketua panitia RDK 2013 menjelaskan, acara bagi-bagi makanan tersebut sengaja di gelar sebagai salah satu bentuk kepedulian mahasiswa UMY kepada masyarakat, khsususnya bagi yang kurang mampu. “Ini salah satu bentuk kepedulian kita dengan masyarakat. Kadang banyak orang-orang yang hidup di sana (di jalan) ingin sahur tapi tidak sempat atau tidak punya uang, jadi kita berikan makan sahur ini,” jelasnya.

Ia berharap Sahur on The Road ke depannya dapat lebih sering dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Karena pada Ramadhan tahun ini hanya dapat terselenggara satu kali saja. “Harapan saya ke depan Sahur on The Road ini tidak cuma sekali, kemarin sebenarnya target kami dua kali tapi karena ada sesuatu dan lain hal acara yang telah direnacanakan dua hari digabung menjadi satu hari” ungkapnya.

Lebih jauh mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) UMY ini mengutarakan, panitia acara rutin tahunan tersebut berasal dari berbagai elemen mahasiswa UMY, baik dari fakultas-fakultas ataupun anggota Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) dan bersifat sukarela. Pelakasanan Sahur on the road ini, juga didukung oleh amal usaha dan bank yang ada di UMY. “Panitianya sendiri dari berbagai fakultas dan UKM, bahkan ada juga panitia dari teman-teman yang bukan anggota UKM,” Katanya.

Meski dilakukan dini hari, puluhan panitia terlihat sangat antusias pada acara tersebut, tak terkecuali Riska dan Lia yang merupakam mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY angkatan 2011. RIska mengaku sengaja mengikuti acara ini karena ingin memperoleh pengalaman sahur yang berbeda, sekaligus dapat berbagi dengan sesama. “Sengaja ikut sama teman-teman, pengen sahur yang beda” katanya.

Senada dengan rekannya, Lia mengatakan, Sahur on The Road ini adalah acara yang bagus, ke depan ia menyarankan untuk menambah jumlah makanan yang dibagikan. “Saya ikut meramaikan, ini acara yang bagus. Makanannya terlihat masih kurang, semoga ke depan jumlahnya bisa ditambah” pungkasnya.

Pembagian makan sahur itu sendiri dilakukan oleh dua tim. Tim pertama menjalankan tugasnnya di sepanjang jalan Ringroad Utara kemudian melewati jalan godean, jalan Diponegoro, kemudian jalan Mangkubumi. Sementara itu tim kedua bergerak ke arah selatan dengan menyusuri ringroad, kemudian melewati jalan Bantul. Setelah tugas selesai kedua tim berkumpul untuk melakukan makan sahur bersama di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.