Visi, Misi, dan Tujuan Prodi KPI Fakultas Agama Islam

 

VISI PRODI KPI:

Menjadi Program Studi terdepan dan mencerahkan di bidang Komunikasi & Penyiaran Islam dengan kompetensi plus di bidang konseling di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2020 berbasis pandangan hidup Islam (Islamic World-view).

 

MISI PRODI KPI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Komunikasi Penyiaran Islam dengan kompetensi plus di bidang Konseling Islam sebagai proses integratif menyiapkan sarjana dakwah profesional yang berilmu, beradab dan berdayaguna.
  2. Memajukan dan mengembangkan ilmu Komunikasi & Penyiaran Islam dan Konseling Islam   melalui riset/penelitian berbasis pada nilai-nilai dan pandangan hidup Islam.
  3. Berperan aktif dan produktif dalam dakwah khususnya di bidang jurnalistik dan kepenyiaran Islam serta kompeten menyelesaikan persoalan-persoalan individu, keluarga dan masyarakat secara holistik.
  4. Menjalin kerjasama yang aktif dan produktif dengan berbagai pihak di kawasan Asia Tenggara untuk syi’ar dakwah dan pemberdayaan umat (rahmatan li-l-‘alamin).
  5. Memberikan pelayanan yang diperlukan oleh segenap stake-holders dengan semangat ibadah dan profesional.

 

TUJUAN PRODI KPI:

  • Menghasilkan lulusan pendidikan tinggi KPI yang berilmu, beradab dan berdaya-guna dengan kompetensi plus di bidang Konseling Islam yang memiliki dan mengembangkan ruh Islamiyah serta mampu mengaplikasikannya secara praktis dalam kehidupan pribadi dan sosial (tadayyun ‘amali).
  • Menghasilkan lulusan KPI yang mampu mengembangkan riset / penelitian yang berbasis pada nilai-nilai dan pandangan hidup Islam).
  • Mengoptimalkan tumbuh-kembangnya lulusan KPI dengan kompetensi plus di bidang Konseling Islam yang mampu memadukan secara seimbang trilogi kompetensi; personal, professional dan sosial yang peka terhadap persoalan-persoalan masyarakat serta mampu menyelesaikannya dengan baik.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki budaya ilmu dan kritis terhadap kemajuan umat manusia serta bersedia membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai pihak untuk kepentingan dakwah Islam dan pemberdayaan umat.
  • Menghadirkan tenaga pendidik yang dapat menjadi qudwah (teladan) bagi segenap mahasiswa dalam keilmuan, adab, profesi dan pengabdian kepada masyarakat, serta mengembangkan organisasi program studi yang sesuai dengan kemajuan zaman serta mewujudkan manajemen yang transparan dan akuntabel.

 

IWV

rumpun ilmu